163 Pengawas TPS se-Kotabumi Dilantik, PTPS Menjadi Ujung Tombak Pengawasan Pemilu

163 Pengawas TPS se-Kotabumi Dilantik, PTPS Menjadi Ujung Tobak Pengawasan Pemilu

Lampung Utara – Sebanyak 163 Pengawas Tempat Pemilihan Suara (P-TPS) Se-Kecamatan Kotabumi dilantik. Para pengawas tersebut harus melakukan pengawasan untuk jalannya penyelenggaraan pemilu untuk di 13 Desa atau Kelurahan yang ada di kecamatan setempat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Ketua Panwaslu kecamatan Kotabumi, Abdul Rahman Syah dan dihadiri Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung, Suheri, Komisioner Bawaslu Lampung Utara, Perial Dharma.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kotabumi, Abdul Rohmansyah mengatakan, pelantikan itu berdasarkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 Pasal 90 tentang Pemilihan Umum.

Menurutnya, Rekrutmen P-TPS telah dilakukan dalam kurun waktu satu bulan dan menerima pendaftar sebanyak 184 dari kebutuhan 163 TPS.

” Kami Panwaslu kecamatan Kotabumi mengapresiasi kepada seluruh PTPS, Mudah-mudahan mereka yang dilantik hari ini adalah pilihan yang terbaik,” kata Abdul Rahman Syah, S.Kom saat memberi sambutan di Pelantikan di Taman Olah Seni (TOS) Kotabumi, Senin (22/01/2024).

Dijelaskannya, setelah dilakukan pelantikan itu, akan diberikan pemahaman mengenai tugas pokok dan fungsi PTPS melalui Bimbingan Teknis (Bimtek).

Minak sapaan akrabnya itu berharap,  seluruh PTPS pasca dilantik itu, dapat secara seksama memahami apa yang disampaikan oleh pemateri, karena dalam bimtek dijelaskan juga tugas pokok dan fungsi PTPS, agar dalam menjalankan tugas dapat profesional dan proposional.

“Kami dari jajaran Panitia pengawas pemilihan umum kecamatan Kotabumi dinyatakan siap untuk menjalankan tugasnya dalam pengawasan Pemilu 2024,” ujarnya.

Sementara, Koodinator Divisi Hukum & Diklat Bawaslu Lampung sekaligus Koordinator Wilayah Lampung Utara, TBB dan Mesuji Suheri, S.I.P mengungkapkan bahwa Pengawas TPS itu sangat strategis karena akan menjadi ujung tombak pengawasan pemilu yang dilakukan Bawaslu.

“Peran Pengawas TPS ini, sangat strategis tentunya. Karena, pihaknya juga hari ini akan memberikan pelatihan, sehingga tugas mereka melakukan pengawasan sebelum dan sesudah pemungutan suara pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik,” kata dia, usai menghadiri dan melantik ratusan PTPS di Panwascam Kotabumi.

​Menurutnya, PTPS itu juga akan menjadi mata Bawaslu, selain pelatihan,  juga akan siapkan alat kerja untuk mereka melakukan pengawasan. Misalnya, surat suara apakah sudah sesuai atau belum dengan yang diatur regulasi. seperti surat suara cadangan untuk di masing-masing TPS.

Ia juga menekankan kepada seluruh PTPS selama melaksanakan tugasnya selaku pengawas TPS agar tidak mengambil keputusan yang tidak berdasarkan pleno-pleno yang dilakukan Panwascam.

” Karena tugas-tugas kita ini adalah tugas kelembagaan, jangan pernah lepas dari koordinasi,” ujar Suheri.

Dalam melaksanakan tugasnya, Pengawas TPS ini melakukan pengawasan berjalannya pemungutan suara, dan hasil pemungutan suara yang tertera di C1 Plano difoto dan dikirimkan melalui link atau aplikasi Siwaslu.

” Link atau Aplikasi ini nantinya akan diberikan kepada masing-masing petugas TPS. Jadi C1 Plano nantinya ketika ada PHPU di MK akan menjadi rujukan untuk digunakan oleh MK,” jelasnya.

Pelantikan itu juga dihadiri Camat Kotabumi, Nujum Masa, Danramil Kotabumi, Kapt. inf. Harpian, Ketua PPK kecamatan Kotabumi, seluruh Staf dan PKD kecamatan Kotabumi.

Diketahui, berdasarkan Pelbagai sumber yang dihimpun media gentamerah.com ini juga bahwa Bawaslu Lampura melalui 23 Panwascam di kabupaten setempat. Sebelumnya, sudah menerima bagi calon pendaftar PTPS itu sebanyak 2.557 orang, terdiri dari 1.547 laki – laki, dan 1.010 perempuan, dari 2.557 pendaftar PTPS itu, namun yang dilantik hanya 1.965  PTPS dan itu sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di 23 kecamatan di kabupaten Lampung Utara.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group