387 Calhaj Kloter Pertama Dilepas Bupati Lampura

387 Calhaj Kloter Pertama Dilepas Bupati Lampura

gentamerah.com Lampung Utara— Sebanyak 387 jamaah calon haji (Calhaj) gelombang pertama (Kloter 26) di Islamic Centre Kotabumi, diberangkatkan dari Lampung Utara. Pelepasan Calhaj tersebut dilakukan Bupati Lampung Utara (Lampura), Agung Ilmu Mangkunegara, Selasa (8/8/2017).
Bupati mengatakan bahwa  Calhaj merupakan calon-calon tamunya Allah SWT dan tidak setiap orang terpilih menjadi tamu-Nya. Banyak orang yang masuk dalam katagori berkemampuan (kaya) tapi tidak digerakan hatinya untuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu.
“Banyak orang kaya dan pejabat yang mampu membeli mobil dan sebagainya tetapi belum mampu menunaikan ibadah haji. Tetapi sebaliknya ada orang yang tidak berkemampuan dibidang ekonomi semisal tukang becak dan sebagainya mampu menunaikan ibadah haji,” ucap Bupati menyindir para pejabat yang belum berhaji.
Menurutnya, dalam menunaikan ibadah haji, para Calhaj harus meluruskan niat semata-mata untuk menggapai ridho Allah SWT. Selain melakukan ibadah haji hendaknya dibekali dengan ilmu jadi bisa membedakan mana perkara yang wajib dan mana perkara yang sunnah. Ibadah haji juga memerlukan kesehatan fisik dan mental  sehingga totalitas ibadah akan tetap terjaga.
“Ikuti aturan, jaga kekompakan semoga bapak ibu sekalian bisa kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur untuk bisa dijadikan panutan,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kotabumi, Qomaru Zaman mengatakan keberangkatan calon jamaah haji tahun ini dibagi menjadi dua gelombang, pertama (Kloter 26) jumlah yang diberangkatkan seyogyanya 388 Calhaj yang terdiri dari 117 jamaah laki-laki dan 211 jamaah wanita, tetapi satu diantaranya menderita sakit dan batal diberangus sehingga menjadi 387 ditambah petugas pendamping haji.
Gelombang kedua (Kloter 44) rencananya akan diberangkatkan pada 18 Agustus mendatang dengan jumlah Calhaj sebanyak 294 orang ditambah petugas pendamping.
“Selamat dan senantiasa lah kalian bersyukur karena keberangkatan haji merupakan hak prerogatif Allah SWT. Buktinya banyak yang sudah siap tetapi gagal berangkat. Selamat menunaikan ibadah haji semoga menjadi haji yang mabrur,” ujar Qomaru Zaman.
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Sayuti Rusdi
Print Friendly, PDF & Email

Penulis

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group