Sampah Menumpuk Jadi Keluhan Warga, Pemkab Lampura Segera Bangun TPS di Bukitkemuning

Sampah Menumpuk Jadi Keluhan Warga, Pemkab Lampura Segera Bangun TPS di Bukitkemuning
Caption: Penjabat (Pj) Bupati Lampura Drs. Aswarodi saat membahas sampah bersama kabinetnya

Lampung Utara – Pemkab Lampura akan segera merealisasikan tempat pembuangan sampah (TPS), setelah mendengar keluhan warga di Pasar Bukitkemuning. Selam aini sampah yang berserakan dan menjadi permasalahan tersendiri.

Penjabat (Pj) Bupati Lampura Drs. Aswarodi mengatakan, memang pada saat perayaan Idul Fitri beberapa waktu lalu, telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan  sampai tiga kali lipat untuk sampah yang menumpuk.

“Bahkan, dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah menurunkan 3 unit armada untuk mengangkut sampah di Pasar Bukit Kemuning, namun, tapi masih kurang efektif karena jarak tempuh ke TPA cukup jauh yang berada di Kotabumi,” kata Aswarodi didampingi Sekdakab Lampura, Lekok, Kadis Kominfo Gunaido Uthama, Kadis Perikanan Sanny Lumi, dan Kadis DLH Ina Sulistya, Kamis (18/04/2024) siang.

Menurutnya, Pasar Bukit Kemuning itu memang belum ada tempat pembuangan sampah (TPS). Dan, hanya saja ada titik lokasi tempat khusus untuk membuang sampah dan armada yang disiapkan akan mengangkutnya ke TPA. Meski demikian, Pemkab Lampura telah merekomendasikan kepada pengelola sampah agar dapat menyediakan TPS.

Kendati demikian, pemkab setempat juga telah berkoordinasi dengan pihak Kehutanan Provinsi Lampung yang ada di Kotabumi untuk mencarikan solusi lahan untuk membuat TPS di pinggiran hutan register yang tidak jauh dari pasar bukit kemuning.

“Ini adalah bentuk langkah efektif yang di lakukan kita untuk menanggulangi sampah sehingga kedepan daerah kita menjadi semakin aman, nyaman dan berseri,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan