Kepala UPT SMPN 1 Kasui Perkenalkan Proses Demokrasi Pada Pemilihan Ketua OSIS

Laporan : Ali Hanapiah

gentamerah.com | Wayakanan – Memberikan pembelajaran demokarasi kepada siswa siswinya, UPT SMPN 1 Kasui Kabupaten Waykanan, melakukan pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (Osis), di sekolah setempat, Sabtu (11/02/2023).

Dalam pemilihan Ketua Osis masa bhakti 2023/2024 yang di mulai pukul 08.00 Wib itu di ikuti tiga pasang kandidat untuk memperebutkan kursi  Ketua dan wakil ketua Osis, dengan pemilih siswa siswi kelas 7,8, 9, dan dewan guru serta staf.

Ketiga pasangan kandidat tersebut, No Urut 1 Komang – Savina, No urut 2 Selvi- Raga, dan No Urut 3 Asmara – Gilang. Satu-satunya kandidat dari kelas 7 yakni Raga Azwa yang berpasangan dengan Selvi, sedangkan kandidat lain semua berasal dari kelas 8.

Dari proses pemilihan itu, Pasangan Komang-Savina, meraih suara sebanyak 171, sedngkan  No Urut 2 Selvi-Raga mendapat 10 suara, dan pasangan No 3 mendapat 166 suara. Karena mendapatkan suara terbanyak, pasangan Komang-Savina di nyatakan memenangkan pemilihantersebut dan berhak atas kursi ketua/wakil ketua Osis masa bhakti 2023/2024.

Di hubungi pesan Whatsapp, Kepala UPT SMPN 1 Kasui, Yasir Adibroto, M.pd mengatakan, bahwa proses pemilihan ketua dan wakil ketua Osisitersebut menggunakan metode layaknya pemilihan pimpinan kampung atau juga pemilu.
“Kita gunakan bilik suara juga, di pinjam dari kecamtan,  dan menghadirkan komisioner KPU Waykanan, Panwas
kecamatan dan juga PPK. Tujuan menghadirkan mereka, siswa biar tahu seperti apa penyelenggara dan pengawas pemilu itu,” ujarnya.

Yasir mengungkapkan, agar proses berjalan sesuai azas demokrasi, di lakukan beberapa tahapan, mulai dari pendaftaran bakal calon, pengundian nomor urut, serta kampanye ke kelas-kelas, dan  di akhiri orasi trbuka pada Jumat (10/02/2023) kemarin.

Bahkan, kata Yasie, Panitia pemilihan merupakan pengurus Osis periode sebelumnya yang sudah di bekali pelatihan oleh PPK Kecamata Kasui, selama sehari.

“Masing-masing calon itu di dampingi satu orang guru. Pokoknya proses seperti pemilihan pada umumnya, yang tidak ada hanya masa tenang aja,mas. Tentunya harapan kita dengan proses ini, siswa siswi bisa memahami arti pentingnya memilih dalam pesta demokrasi. Makanya dalam pamphlet juga di tulisan
jangan golput. Dan mereka juga tahu bagaimana proses bagi orang-orang yang akan
di pilih,” kata dia.

Pada acara itu di hadiri, komisioner KPUD Waykanan, I Gede Klipz Darmaja, Panwas Kecamatan Kasui, Tulus Dodik Saptono, PPK kecamatan Kasui, Riyadi, Camat Kasui, Ansori, dan Bhabinkamtibmas Polsek Kasui, Aipda Adri Candra.

Ketua Osis terpilih, Komang di hadapan para pemilihan mengaku sangat bersyukur dan mengucapkan atas kepercayaan yang di berikan kepadanya.

EDITOR : SENO

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group