Kemendes RI Gelar Bimtek Desa Inklusif di Mesuji

Kemendes RI Gelar Bimtek Desa Inklusif di Mesuji

Mesuji – Ciptakan kader-kader desa inklusif yang baik, Kementrian Desa PDTT RI menggelar Bimbingan Teknis, di balai Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji kabupaten Mesuji, Jumat (07/06/2024).

Terdapat empat Desa di Kabupaten Mesuji  menjadi lokus pengembangan Desa Inklusif dan pada program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Kemendesa PDTT RI Tahun 2024.

Penelaah Teknis Kebijakan Kemendes RI, Mokhammad Reza menjelaskan, konsep desa inklusif menjadi amanah UU, proses pembangunan melibatkan partisipasi masyarakat tanpa ada yang tertinggal dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa.

“Program mendorong visi misi desa, agar lebih cepat tercapai, dengan memperhatikan keberagaman khususnya kelompok rentan, marjinal dengan menghargai adanya keberagaman budaya, gender, strata sosial termasuk disabilitas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tirtalaga, Sikun sangat senang karena desanya terpilih sebagai salah satu desa yang menjadi model/pilot project pengembangan desa inklusif dari kementrian desa ini.

“Alhamdulillah desa kami menjadi salah satu desa yang terpilih dari empat desa yang tunjuk Kemendes RI. Mudah-mudahan dengan projek ini, desa kami nantinya bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk inklusif yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan,” ujar Kades Sikun.

Diketahui Bimtek Desa Inklusif dari Kemendes RI ini dilaksanakan mulai dari tanggal 5-6 Juni dengan menghadirkan narasumber Penelaah Teknis Kebijakan Kemendes RI, dan Fartigo, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM), serta Team P3PD kabupaten Mesuji.

Editor : Nara

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group