Pastikan Pemutakhiran Data Pemilih, Panwascam Kotabumi Lakukan Pengawasan

Pastikan Pemutakhiran Data Pemilih, Panwascam Kotabumi Lakukan Pengawasan

Lampung Utara – pastikan  proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan petugas Pantarlih sesuai dengan prosedur Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kotabumi  Lampung Utara, lakukan pengawasan melekat kepada sejumlah Pantarlih yang ada di wilayah di kecamatan setempat.

Ketua Panwascam Kotabumi Abdul Rahmansyah, S.Kom mengatakan bahwa hari ini pihaknya turun kebawah untuk mendampingi para Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) dan Pantarlih yang tersebar di seluruh desa yang ada di wilayah Panwascam Kotabumi untuk melakukan Pencoklitan.

“Langkah ini yang jelas guna memastikan keakuratan data pemilih, sebab data pemilih ini sangatlah penting dalam proses pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 sehingga pelaksanaan Pilkada mendatang dapat berjalan dengan lancar,” kata dia, didampingi Koordiv PPPS Muhammad Nur Fauzi, S.Kom dan Koordiv HPPH Nia Noranda, S.TR., KL, Senin (01/07/2024).

Menurutnya, Pengawasan pencoklitan ini juga di lakukan oleh jajarannya setiap saat, karna untuk memastikan petugas Pantarlih yang melakukan pencoklitan tersebut benar-benar menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan dalam memverifikasi data pemilih masyarakat di kecamatan setempat.

“Hari ini saja kami dari Panwascam Kotabumi sudah melakukan pengawasan melekat untuk pencoklitan di dua desa, baik itu di desa Kotabumi Tengah Barat dan Desa Bojong Barat. Sebelumnya juga seperti Buk Koordiv HPPH Nia Noranda, S.TR., KL, dan Pak Koordiv PPPS Muhammad Nur Fauzi, S.Kom sudah turun ke kelurahan Gapura, Kotabumi Pasa, Desa Sumber Arum, dan maupun lainnya,” terangnya.

Sementara, Koordiv HPPH Nia Noranda, S.TR., KL, didampingi Pak Koordiv PPPS Muhammad Nur Fauzi, S.Kom juga menambahkan proses coklit itu akan berlangsung selama satu bulan di seluruh 13 Desa ataupun kelurahan yang dikecamatan kotabumi. Dan, Sebelum proses coklit itu selesai Panwascam dan PKD akan melakukan uji petik hasil dari pencoklitan yang dilakukan pantarlih di masing-masing desa.

“Kita yang jelas terus berkomitmen untuk melakukan pengawasan yang ketat kepada Pantarlih yang melakukan pencoklitan kepada masyarakat yang ada di seluruh kecamatan Kotabumi, oleh karena itu kepada seluruh PKD kami minta untuk turut mendampingi para pantarlih dalam melakukan tugasnya saat men-coklit kepada warga tersebut. Melalui pengawasan langsung dan melekat ini, proses pemilihan dapat berjalan dengan transparan, adil, dan bebas dari potensi pelanggaran dan dugaan pelanggaran lainnya,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group