Riuh Aplous Warnai Pertunjukan Iringan Pengantin Adat Abung

Riuh Aplous Itu Warnai Pertujunkan Iringan Pengantin Adat Abung

gentamerah.com Lampung Utara— Tepuk tangan spontan riuh membelah ribuan penonton, saat sekelompok peserta dari unsur kecamatan memamerkan adat budaya masyarakat, pada pergelaran pawai budaya dan kendaraan hias. Ribuan mata tertuju pada mereka yang terlihat mulai larut pada tari adat Lampung Abung Siwo Mego, Kamis (20/07/2017).
Mentari yang meredup dan bersembunyi dibalik awan-awan, menikmati para warga memadati jalan menyaksikan pawai yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, dalam rangka menyambut hari jadinya ke-71 tahun.
Tontonan yang hanya muncul pada acara-acara tertentu itu, membungakan hati warga, dengan berpakaian khas Lampung, diatas kendaraan yang dihias bak sebuah panggung itu, seorang mekhanai memegang tombak ditangan kanannya, dan si Mulie memainkan jelamari tangan diiringi gamolan denga nada khas.
Sementara beberapa pengiring dibawah mengenakan tutup kepala putih, dengan senyum dan melenggak lenggokan badannya terlihat luwes, kendati beberapa diantaranya telah berusia lima puluhan lebih.
Sebuah pertunjukan yang mampu memukau warga yang antusias itu, ternyata berasal dari Kecamatan Kotabumi Selatan. Mereka mengusung tema “pelepasan wanita temu pinang diatas lunjuk (menjemput mempelai menjelang pernikahan dalam adat).
Menengok dari sisi cerita yang mereka bawakan tampak jelas para peserta,  baik itu muda-mudi maupun yang dewasa maupun tokoh adat mengenakan pakaian adat lengkap, suku Lampung Abung.
Dalam arak-arakan proses pengambilan mempelai wanita itu,  ditandu dan dijaga oleh dua orang pendekar (balo-balo). Tugas mereka untuk mengawal dan menjaga sang pengantin perempuan dapat sampai ditujuan dengan selamat.
Ternyata helat adat itu tidak terlepas dari peran camat setempat,  Gunaido Utama, berperan sebagai salah satu pengawal pengantin dengan pakaian adat lengkap. Ikut berbaur mempertujukkan tarian para perwatin (tokoh adat),  demi mensukseskan acara tersebut.
“Sengaja saya ikut serta agar para peserta dapat lebih semangat dalam memerankan perannya masing-masing,”ujarnya. 
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Seno
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group