Milyaran Rupiah Diglontorkan Dalam Program Pamsimas Lampura

Milyaran Rupiah Diglontorkan Dalam Program Pamsimas Lampura
Bupati Lampura, Hi. Agung Ilmu Mangkunegara berjabat tangan dengan para penerima dana Pamsimas

gentamerah.com Lampung Utara— Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperum dan KP) Lampung Utara, Launching program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya(BSPS) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) infrastruktur berbasis masyarakat kota tanpa kumuh(Kotaku).
Kepala Disperum dan KP Lampura, H.Zulkifli Mihsan menjelaskan, tujuan diadakannya Launching BSPS, Pamsimas dan Kotaku agar terbangunnya rumah layak huni. Kemudian infrastruktur perumahan dan permukiman tanpa kumuh serta penyediaan air minum dan sanitasi yang bersih, sehat, serasi dan teratur serta berkelanjutan.
Pada program kegiatan BSPS perbaikan kualitas rumah tidak layak huni dilaksanakan di tiga Kecamatan  dan 11 Desa/Kelurahan. Sedangkan program kegiatan PAMSIMAS dilaksankan di 12 Kecamatan dan 15 Desa/Kelurahan di Lampura. Program kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat(IMB) Kotaku dilakukan di tiga Des/Kelurahan di Lampura.
“Program BSPS ini di lokasikan di Kelurahan Sribasuki 43 unit, Sindang Sari 50 unit, Cempedak 45 unit, Rejosari 35 unit. Kemudian Kotabumi Tengah 43 unit, Bojong Barat 40 unit, Sumber Arum 40 unit, Kota Alam 40 unit, Tanjung Senang 40 unit, Tanjung Aman 22 unit dan Candimas 40 unit,” katanya,Kamis (3/8/2017).
Zulkifli Mihsan mengatakan, besaran bantuan pembangunan fisik program BSPS tahun 2017 bersumber dari Dana Alokasi Khusus(DAK) tahun anggaran 2017 untuk 435 penerima batuan sebesar Rp 6.525 Miliar.
Dengan jumlah bantuan untuk satu calon penerima bantuan sebesar Rp 15 juta.
“Saat ini sudah terealisasi sebanyak 133 unit sesuai dengan mekanisme Juknis pelaksanaan DAK tahun 2017. Sementara untuk program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat terletak di Desa Sumber Arum, Sawo Jajar, Mulang Maya, Bumi Ratu, Pungguk Lama, Ulak Rengas, Pekurun Udik, Kembang Gading, Negeri Sakti, Gunung Sari, Tanjung Raja, Sinar Jaya, Kembang Gading, Cempaka dan Desa Lepang Tengah,” katanya.
Menurutnya, Besarnya bantuan Pamsimas bersumber dari APBN dan APBD Lampura tahun anggaran 2017 untuk 12 Kecamatan dan 15 Desa sebesar Rp 3.675 Miliar, dengan jumlah bantuan sebesar Rp.245. Juta. Dan untuk Kotaku terletak di Kelurahan Kotabumi Pasar, Kotabumi Tengah dan Sindang Sari  Dengan jumlah bantuan sebesar Rp 350 Juta.
Ditempat yang sama, Bupati Lampura, Hi. Agung Ilmu Mangkunegara menuturkan,  dari sekian bantuan yang digeleontorkan, baru kali pertama, dirinya mengaku didoakan oleh masyarakat karena sudah membantu rakyat.
“Hari ini (Kemarin, Red) saya menemukan hal-hal yang berbeda dan luar biasa.
Lupakan politik, saat ini berbuat untuk masyarakat Lampura,”tuturnya.
Bupati menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan agar masyarakat tau berbagai perubahan nyata sudah dirasakan oleh masyarakat.
” Bantuan rumah diberikan sebesar Rp 15 juta, namun itu tidak diuangkan, semua diberikan barang seperti bata, semen, pasir dan lainnya. Memperoleh bantuan ini membutuhkan pengorbanan dan proses. Saat ini kita sedang mengusulkan 17000 rumah baik dari APBD, APBD Provinsi maupun APBN mudah-mudahan semua bisa tuntas,”pungkasnya.
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Seno
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group