Saipul: Tim Hukum LH Jangan Hanya Turun Saat Timbul Permasalahan

Saipul: Tim Hukum LH  Jangan Hanya Turun Saat Timbul Permasalahan

gentamerah.com | Waykanan- Tim terpadu hukum Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung, harus memiliki  agenda turun keperusahaan, dengan sasaran masalah lingkungan hidup, dan harus memiliki ketegasan.
Hal tersebut diungkapkan Sekdakab Waykanan, Saipul saat memimpin rapat pembentukan Tim Koordinasi Penegakan Hukum  di Dinas lingkungan hidup setempat, diruang terbuka halaman belakang Lingkungan Hidup, Rabu (29/11/2017).
Saipul mengungpakan, tim hukum yang dibentuk merupakan alat koordinasi penyelesaian masalah, sehingga semua permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik. “Saya yakin, bukan berkaitan dengan hukumnya saja, akan tetapi kajian tekniknya juga,” katanya.
Harapannya, tim yang dibentuk tersebut tidak hanya turun pada saat ada masalah belaka. Namun, wajib melakukan kajian-kajian tentang sebuah permasalahan yang dimungkinkan timbul terkait lingkungan hidup.
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Anang mengungkapkan, pembemtukan tim koordinasi penegakan hukum lingkugan hidup, berlandaskan Undang-undang no 32 tahun 2009,  tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup, perbup no 43 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan Organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas lingkungan hidup.
“Tim hukum ini, sebagai alat koordinasi penyelesaian masalah lingkungan hidup, sehingga tercipta kondisi lingkungan hidup yang layak dan baik bagi masyarakat kabupaten Waykanan,” ujarnya.
Anang menjelaskan,  masalah lingkungan hidup merupakan  aspek negatif dari aktifitas manusia terhadap lingkungan biofisik,  karena masalah lingkungan saat ini mendominasi perubahan iklim, polusi dan hilangnya sumber daya manusia.
“Dalam penegakan hukum linglungan hidup, dilakukan dengan pemberian sanksi Administrasi, penyelesaian sengketa lingkungan hidup diluar pengadilan, dan penegakan hukum pidana, karena penegakan hukum adalah kewajiban dari seluruh masyarakat, berbagaikan hukum di tegakan, dan masyarakat aktif berperan dalam penegakan hukum tersebut,” kata dia.
Penulis : Muslimin
 Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18