Lima Pejabat Perebutkan Kursi Sekda Tanggamus

Lima Pejabat Perebutkan Kursi Sekda Tanggamus

gentamerah.com Tanggamus- Jabatan Sekretaris daerah (Sekda) Tanggamus Provinsi Lampung yang selama ini dijabat dengan posisi pelaksana tugas (Plt), kini jabatan tersebut diperebutkan lima pejabat setempat. Kelima pejabat tersebut seleksi calon Sekda setempat.
Kelima pejabat tersebut masing-masing Asisten Bidang Ekobang yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Sekda Tanggamus Andi Wijaya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Tanggamus Mukifli Novem, Kepala Badan Kesbangpol Kota Bandar Lampung Suhendar Zuber.
Kemudian, mantan Sekda Kota Metro yang sekarang menjadi Pelaksana Pada Biro Pemerintahan Setdaprov Lampung, Ishak dan Asisten bidang pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang Pahada Hidayat.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Tanggamus Nur Indrati mengatakan, kelima pendaftar tersebut sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya harus melalui seleksi berkas dari Panitia Seleksi (Pansel) yang berjumlah lima orang.
”Hingga Jumat (7/7/2017) pukul 16.00 WIB yang mendaftar lima orang, terakhir yang daftar pak Pahada Hidayat. Berkas pendaftar sudah masuk dan sudah diserahkan ke Pansel. Untuk lolos atau tidaknya itu tergantung dari verifikasi berkas yang dilakukan Pansel, ” ujar Nur, salah seorang panitia seleksi.
Sementara itu, Ketua Pansel, Budiono mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi berkas, kelima calon dinyatakan lolos dalam seleksi berkas.” Kelimanya berhak ikut uji kompetensi yang akan diselenggarakan Jumat (7/7/2017) . Dalam uji kompetensi ini ada passing gradenya, kalau tidak memenuhi passing grade ya tidak bisa melaju ketahapan berikutnya, “ujarnya.
Setalah uji kompetensi, tahapan selanjutnya adalah pendalaman pokok pikiran dan tes wawancara.” Dari lima nama yang mendaftar akan ada tiga yang lolos untuk selanjutnya, Pansel mengajukan tiga nama kepada Pejabat Pemegang Kebijakan (PPK) dalam hal ini Wakil Bupati,” ujarnya.
Sementara itu, Calon Sekda Tanggamus, Suhendar Zuber mengaku tertarik mendaftar sebagai Sekda Tanggamus lantaran ingin berbuat untuk Kabupaten Tanggamus yang merupakan tanah kelahirannya.
“Tanggamus ini kaya akan potensi, disini saya terpanggil untuk membantu kepala daerah dalam membangun kampung halaman. Saya optimis, ini bagian dari ikhtiar saya, apapun hasilnya saya ikhlas,” tegasnya.
Suhendar, bukanlah orang baru di pemerintahan Kabupaten Tanggamus, sudah empat kali menjabat sebagai camat di wilayah Tanggamus, terakhir menjabat sebagai camat Wonosobo.
Jabatan lain yang pernah didudukinya, Inspektur Pembantu wilayah II. Diluar Tanggamus karir Suhendar juga bagus yakni pernah menjabat sebagai Kepala Dinas pendidikan kota Bandar Lampung dan pernah beberapa kali menduduki jabatan eselon II di pemkab Lampung utara dan lampung timur. Dirinya optimis bisa mengikuti rangkaian tes dengan mulus.
Kandidat lainnya, Mukifli Novem mengatakan, niatnya mendaftar sebagai sekda lantaran ingin mengembangkan karir selaku ASN, sebab Sekda adalah jabatan tertinggi bagi seorang ASN.
“Selain itu saya juga ingin membantu pak Bupati dalam membangun Tanggamus, dan juga saya mendaftar karena melihat persyaratan yang sudah saya penuhi, jadi ada peluang,” kata Novem.
Penulis : Sayuti Rusdi
 Editor : Seno
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group