Kunjungi Kementerian ESDM, Sulpakar Usulkan Pemasangan Listrik 1.356 Gratis

Kunjungi Kementerian ESDM, Sulpakar Usulkan Pemasangan Listrik 1.356 Gratis
Pj) Mesuji Drs.Sulpakar bersama Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Ir. Wanhar

Mesuji – Pemkab Mesuji usulkan kembali bantuan pemasangan KWh gratis melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) sebanyak 1.356 rumah tangga, ke Kementerian ESDM

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM itu juga mengajukan permohonan jaringan listrik untuk Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kamis (30/11/23).

Kunjungan itu diterima Direktur Pembinaan Program Ketenaga listrikan, Ir. Wanhar dan memberikan apresiasi atas keseriusan Sulpakar membangun dan membantu masyarakat Mesuji terutama rasio elektrifikasi rumah tangga.

“Kami janji akan prioritaskan usulan BPBL Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Mesuji serta usulan jaringan listrik di Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kabupaten Mesuji ini,” ungkap Ir. Wanhar.

Wanhar berjanji akan memprioritaskan program BPBL untuk Kabupaten Mesuji di tahun 2024 mendatang.

Namun, kata Wanhar untuk jaringan listrik di Desa Talang Baru, akan dikoordinasi dulu dengan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), terkait kawasan hutan yang akan dipakai untuk pemasangan tiang atau jaringan listriknya nanti.

“Kalau untuk usulan jaringan listriknya, kami koordinasikan dulu dengan KLHK, untuk pinjam pakai kawasan hutan. Dinas Lingkungan Hidup Mesuji juga saya minta terus berkoordinasi dengan KLHK. Optimis usulan ini dapat segera terealisasi sesuai harapan kita,” tegas Dirjen Ketenagalistrikan ESDM.

Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Sulpakar sangat berharap usulan program yang dibawanya akan dikabulkan Kementrian ESDM, mengingat Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, sudah sangat lama memimpikan dan menginginkan kehidupan normal seperti tempat lainnya yang teraliri listrik PLN.

“Mengingat Mesuji memiliki keterbatasan anggaran untuk membantu masyarakat soal pemasangan listrik PLN, khususnya di Desa Talang Batu, maka kami berharap pemerintah pusat melalui kemen ESDM ini agar bisa mewujudkan mimpi masyarakat itu,” kata dia.

Sulpakar mengatakan, program tersebut sangat penting, karena dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

“Kami berharap, program listrik gratis ini bisa terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas di Bumi Ragab Begawe Caram,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group