Tiga Calhaj Lampung Utara Gagal Ketanah Suci

582 Calhaj Lampung Utara Ikuti Manasik

gentamerah.com  Lampung Utara- Sebanyak 582 calon jemaah haji Lampung Utara mengikuti Manasik Haji tingkat setempat di Islamic Center Kotabumi, Selasa (11/7/2017). Calon jemaah haji tersebut akan diberangkatkan pada 8 Agustus 2017 mendatang.
Kepala Kantor Kementrian Agama Lampura, Komaruzaman mengatakan para jemaah haji tersebut sebelumnya berjumlah 585 orang. Pengurangan tersebut disebabkan tiga orang tidak dapat melaksanakan rukun iman ke lima itu karena masalah penyakit.
“Tiga orang itu adalah dalam satu keluarga, karena salah satu ada yang kena struk maka mereka semua mengurungkan niatnya untuk berangkat haji pada tahun ini,” kata dia kemarin.
Harapannya, kepada seluruh calon jemaah haji dapat terus menjaga kesehatannya, serta lebih rajin beribadah. Serta dapat menggunakan waktu yang ada untuk dapat bersilahturahmi, dapat saling memaafkan kepada sesamanya.
Sementara itu, Sekdakab Lampura, Samsir mengatakan jumlah jemaah haji pada tahun ini meningkat signifikan, hampir menyentuh  dua kloter. Angka tersebut meningkat hampir 100% bila dibandingka Tahun 2016, dengan jumlah jamaah sebanyak 378 orang.
“Kita wajib bersyukur, karena dapat melaksanakan ibadah haji ditanah suci, sebab untuk menunaikan ibadah haji ketanah suci tidaklah mudah dan tidak semua orang bisa. Baik itu karena keterbatasan ekonomi ataupun lainnya,”kata dia kemarin.
Menurutnya, pelaksanaan ibadah haji harus memenuhi segala unsur, mulai dari mental maupun fisik. Juga perlu memahami apa-apa saja yang perlu dilakukan dan tidaknya. Sebab, berangkat haji bukan hanya kegiatan ceremonial belaka, melainkan juga untuk melatih kesadaran dalam melaksanakan ibadah sesuai tuntunannya.
“Maka ikutila manasik haji ini dengan sungguh-sungguh, sehingga ilmu didapat diharapkan dapat menjadikan yang disini haji yang mabrur,”pungkasnya.
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Seno
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group