Ratusan Warga Lampura Peduli Rohingnya Gelar Aksi Damai

Ratusan Warga Lampura Peduli Rohingnya Gelar Aksi Damai

gentamerah.com | Lampung Utara–Gerakan masyarakat Lampung Utara peduli Rohingya mengadakan aksi damai mengecam tindakan dikriminatif yang terjadi terhadap umat Islam  di Myanmar, di Tugu Payanmas Kotabumi, Jumat (8/9).
Dalam aksi tersebut, masyarakat yang berada dikabupaten tertua di Lampung itu sangat tidak setuju dengan perlakuan pemerintah Myanmar. Karena telah melakukan pembantaian terhadap suku, agama monoritas. Dan dianggap telah melecehkan serta menciderai perasaan umat muslim negara lainnya.
” Kami masyakarat Lampung Utara turut prihatin terhadap permasalahan ini, hingga melaksanakan aksi turun kejalan seperti ini. Sangat mengecam kebiadaban mereka yang telah menyiksa serta membantai saudara-saudara kita di Rohingya,” kata Rasyid, selaku Koordinator Lapangan (Korlap) dalam orasinya.
Rasyid mengatakan, aksi yang digalakkan itu merupakan bentuk rasa kepedulian terhadap sesama umat manusia, khususnya seagama dan kepercayaan. Para penguasa Myanmar sudah sangat keji, karena tidak hanya melakukan tekanan secara lisan saja melainkan juga fisik dan batin.
“Para penguasa disana telah melakukan perbuatan yang sangat keji, dengan cara menyiksa, memperkosa serta membantai kaum umat muslim di Rohingya,”terangnya.
Aksi tersebut menuangkan pikirannya melalui pernyataan sikap, dengan mengutuk dan mengecam tindakan brutal tentara Myanmar terhadap etnis Rohingya. Meminta pemerintah pusat untuk memutuskan diplomatik dengan cara mengusir Dubes Myanmar dari Indonesia serta menarik Duta besar Indonesia dari Myanmar, kemudian, meminta dewan keamanan PBB untuk mendesak Myanmar memberhentikan aksi brutalisme yang dilakukan oleh tentara Myanmar terhadap etnis Rohingya, selanjutnya, mengeluarkan keanggotaan Myanmar dari PBB dan ASEAN, terakhir mencabut Nobel perdamaian yang diberikan kepada presiden Myanmar.
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18