Badai Siklon Dahlia Hantam Kantor Camat Dan GSG di Tanggamus

Badai Siklon Dahlia Hantam Kantor Camat-GSG di Tanggamus

gentamerah.com | Tanggamus-  Angin kencang diduga badai siklon Dahlia menghantam Pekon Napal, Kecamatan Kelumbayan,  Kabupaten Tanggamus, Kamis (30/11) sekitar pukul 17.00 WIB.
Akibat badai tersebut  Pekon Napal, yang terletak dipesisir pantai Teluk Semaka  memporakporandakan  atap kantor Camat Kelumbayan dan atap gedung serba guna (GSG) Kecamatan Kelumbayan, serta merobohkan tiang listrik.
Informasi yang berhasil dihimpun, angin badai mirip puting beliung itu bermula ketika langit gelap memayungi Pekon Napal. Tak berselang lama, terdengar gemuruh angin kencang menerpa.
Lama kelamaan terpaan angin semakin kencang,  dan puncaknya warga menyaksikan angin bergulung berwarna putih dari arah laut dan menghantam kantor camat dan gedung serba guna Kecamatan Kelumbayan yang letaknya berdekatan.
Bersamaan dengan itu, terdengar suara berderak cukup keras dari kantor camat, dan terlihat atap dan rangka baja atap  kantor camat dan GSG terangkat dan berterbangan, sebelum akhirnya atap dan rangka baja itu menghantam kabel listrik dan tiang listrik. Hantaman itu membuat tiang listrik yang tidak jauh dari kantor camat roboh.
“Badainya mirip angin puting beliung, dan kejadiannya cepat sekali, sekitar dua menit dan menghantam kantor camat dan GSG, akibatnya  atap dan rangkanya  terangkat dan terbang,” ujar Dirman (42), warga Pekon Napal, Jumat (1/12/2017).
Menurutnya, sejak hampir dua pekan ini kondisi cuaca ekstrem terjadi di Kecamatan Kelumbayan yang wilayahnya berada di pesisir pantai itu. Hujan disertai badai sering terjadi terurama menjelang sore hingga malam hari. “Mungkin ini dampak dari badai siklon Dahlia barangkali ya,” kata dia.
Terpisah Kapolsek Limau Iptu Rukmanizar membenarkan terjadinya bencanavangin mirip puting beliung. “Kejadiannya hari Kamis sore (30/11) sekitar  pukul 17.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, tapi atap dan rangka baja kantor camat dan GSG porakporanda,” kata Rukmanizar.
Rukmanizar menghimbau masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap cuaca ekstrim, ditandai hujan disertai angin kencang yang terjadi di wilayah hukum Polsek Limau (meliputi Kecamatan Limau, Cukuhbalak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat).
“Sesuai perkiraan BMKG terjadinya cuaca buruk kami himbau masyarakat waspada dan kami minta segera melaporkan jika ada kejadian”, himbaunya.
Penulis : Sayuti Rusdi
 Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18