49 Calkades Mesuji Diklarasi Damai

49 Calkades Mesuji Diklarasi Damai

gentamerah.com Mesuji- Sebanyak 49 Calon Kepala Desa dari 16 desa di 5 kecamatan Kabupaten mesuji Provinsi Lampung, menggelar deklarasi damai pelaksanaan pesta demokrasi (Pilkades) serentak yang akan berlangsung pada tanggal 27 agustus 2017 mendatang, dilokasi Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa(8/8/2017).
Pada kegiatan deklarasi damai itu semua calon Kades membacakan Fakta Integritas dan penandatanganan pernyataan siap mematuhi ketentuan Perundang-undangan yang berlaku serta siap menjaga suasana aman dan kondusifitas pada saat pelaksanaan Pilkades di desanya masing – masing.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji, Budiman Jaya menyatakan, bahwa deklarasi damai tersebut bertujuan untuk menciptakan stabilitas, kamtibmas yang kondusif, di 16 desa yang tersebar di lima kecamatan di Mesuji, khususnya pada saat pelaksanaan Pilkades serentak 2017 nanti.
“‪Kesuksesan pilkades serentak tergantung antusiasme masyarakat dalam memilih hak suara demi menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi di desa yang berazazkan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” katanya.
Poin – poin Kesepakatan yakni para calon untuk dapat saling menghormati sesama calon kepala desa dalam melaksanakan pilkades sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku, tunduk dan taat terhadap peraturan yang berkaitan dengan pelaksanan pilkades, serta menjaga ketertiban dan kondusifitas keamanan di desa masing masing.
Sementara Bupati Mesuji Khamami  mengatakan, Pilkdes serentak 2017 diharapkan semua kandidat calon kepala desa dapat menjaga kerukunan antar sesama warganya, sehingga pilkades ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif. Sebab, menang atau kalah itu tetap harus dihadapi dengan lapang dada tanpa melakukan hal yang anarkis.
Saya berharap agar semua kandidat calon kepala desa sama-sama menjaga pendukungnya agar pilkades ini berjalan dengan lancar, aman, dan damai tanpa adanya keributan apa pun dan saya berharap agar semua lapisan masyarakat dapat ikut berpartisipasi penuh agar pesta demokrasi ini berjalan dengan baik tanpa ada keributan,” ujarnya.
Penulis : Nara
 Editor : Sayuti Rusdi
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group