Pasangan Jokowi- KH Ma’ruf Lakukan Tes Kesehatan

 Pasangan Jokowi- KH Ma'ruf Lakukan Tes Jesehatan

gentamerah.com| Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hari ini, Minggu (12/08/2018), mulai menggelar pemeriksaan kesehatan bagi bakal capres-cawapres Pilpres 2019. Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin akan jadi pasangan pertama yang mengikuti pemeriksaan.
“Persiapan jam 06.00 WIB. Mulai diperiksa jam 08.00 WIB,” kata Ketua KPU Arief Budiman, Sabtu (11/8/2018) malam.
Sementara, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan menjalani tes kesehatan pada Senin (13/8/2018).
RSPAD sebagai rumah sakit  yang ditentukan KPU untuk mengecek kondisi kesehatan para kandidat. Tes kesehatan akan dilakukan di Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto Jakarta.
KPU tak memperbolehkan capres-cawapres melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri, karena pemeriksaan kesehatan hanya akan dilakukan sekali. Pada tahapan ini capres-cawapres akan diperiksa mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Selain itu juga akan ada pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes serta bebas penyalahgunaan narkotika.
Berdasarkan aturan, capres dan cawapres harus sehat secara jasmani dan rohani dalam menjalankan tugas. Standar pemeriksaan kesehatan ini ditentukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Aturan rinci terkait pemeriksaan tersebut terdapat pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019. (dtk)

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18