Peringati Maulid Nabi, SMPN 2 Kasui Gelar Festival Budaya Islam

Peringati Maulid Nabi, SMPN 2 Kasui Gelar Festival Budaya Islam

gentamerah.comWaykanan- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW, SMPN 2 Kasui Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung menggelar  Festival Budaya Islam, disekolah setempat, Kamis (14/12/2017).
Festival tersebut dihelat sejak  Rabu  hingga Selasa (13-19/12/2017), mendapat sambutan yang luar biasa dari seluruh kelas mulai dari kelas VII,VIII dan kelas XI yang ikut serta.
Kepala SMP Negeri 2 Kasui, Aan Frimadona Roza, MPd mengatakan,  bahwa Festival Budaya Islam merupakan upaya memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW sebagai sarana meneladani Rasulullah, dalam sikap perilaku yang islami sekaligus merpertebal karakter peserta didik pada kehidupan sehari-hari.
“Sangatlah perlu sekali merayakan hari besar Islam, salah satu perayaan maulid nabi Rasulullah terlebih budaya islami merupakan upaya media dalam menanamkan akhlak yang sesuai diharapkan  kita semua. Makanya, sekolah memiliki ide menggelar acara Fes­tival Budaya Islam ini,” katanya.
Menurutnya, brbagai lomba Islami tersebut dikembangkan, agar siswa mendapat pencerahan agama. “Even yang digelar  ternyata mendapat sambutan yang semarak. Peserta  berasal dari perwakilan kelas, mengikuti semua tangkai lomba dan ini baru pertama disekolah kita,”terangnya.
 Aan menambahkan, bahwa kegiatan Festival Budaya Islam merupakan kegiatan classmeting usai pelaksanaan akhir penilaian di semester ganjil sekaligus do’a bersama akhir tahun, sebagai ungkapan rasa syukur atas kegiatan belajar mengajar di tahun 2017 dengan pencapaian yang telah dilakukan, salah satunya dengan pemasangan jaringan komputer dan internet.
Rasa Syukur tersebut, ujar Aan, juga karena adanya  peresmian laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI) dan laboratorium IPS sebagai upaya sarana penunjang kegiatan belajar mengajar, kendati  masih sangat sederhana,  baik ruang maupun peralatan.
“Langkah ini untuk pemicu kegiatan praktek pembelajaran, walau masih dalam tahap permulaan, karena ini perlu dalam pemanfaatan  kegiatan belajar dan dibutuhkan kreativitas bagi guru pengampu dalam sarana media belajar tersebut,” kata Aan yang juga pengurus Forum Guru IPS Indonesia (FOGIPSI). 
Sementara itu, pembina Kesiswaan SMPN 2 Kasui, Agus Maryanto, SPd  menerangkan, kegiatan Festival Budaya Islam akan ditutup dengan pembagian hadiah, diisi tausyiah oleh ustad Ahmad Syukur dan doa bersama dengan para orang tua siswa, sekaligus pembagian raport siswa semeter ganjil serta peninjauan ruang media pembelajaran oleh komite yang direncanakan pada Selasa mendatang.
Penulis : Rils
 Editor : Seno

Tinggalkan Balasan