BPIP Pesibar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila

Oplus_131072

Pesisir Barat -Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi II DPR RI Bapak Khairul Muhtar S.E, M.M. menyelenggarakan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Hotel Sartika Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat, Senin (30/09/2024).

Turut hadir pada sosialisasi, Khairul Mukhtar S.E, M.M Komisi II DPR RI, Kepala Kesbangpol Pesisir Barat, Sahrial Abadi, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Pesisir Barat Gultom, Para Peratin (Kepala Desa) dan ratusan warga kabupaten Pesisir Barat yang mengikuti sosialisasi.

Dalam pidatonya Khairul muktar menyampaikan “sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila merupakan kewajiban negara dan tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat agar selalu mencintai, menghargai antar sesama.

“Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila sangat penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan di negeri yang kita cintai ini,” ungkap Khairul Muhtar.

Khairul Mukhtar juga menambahkan” pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama dan penting nya pengetahuan ideologi Pancasila,” Tugasnya.

Lebih lanjut, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

 

 

 

Tinggalkan Balasan