Tepat Di Hari Lahirnya Pancasila, Bawaslu Mesuji Gelar Pelantikan 105 PKD

Tepat Di Hari Lahirnya Pancasila, Bawaslu Mesuji Gelar Pelantikan 105 PKD

Mesuji – Tepat dihari Lahir Pancasila, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji menggelar pelantikan dan mengambil sumpah jabatan, Pengawas pemilu Kelurahan/Desa (PKD).

Bawaslu juga memberikan pembekalan kepada 105 orang anggota PKD yang tersebar di tujuh Kecamatan sekabupaten Mesuji, Sabtu (01/06/2024).

Para PKD tersebut akan ditugaskan dalam pengawasan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di setiap Desa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mesuji, Deden Cahyono Sos.I mengatakan, PKD yang dilantik tersebut, mereka yang telah terpilih sejak dari tahapan perekrutan secara terbuka, kemudian dilanjutkan tahapan tes seleksi dan wawancara oleh pengawas kecamatan (Panwascam) di setiap kecamatan se-kabupaten Mesuji.

“105 PKD dilantik dan diambil sumpah jabatannya dilaksanakan pada masing-masing kecamatan yang ada kebupaten kita, dan dipimpin Ketua Panwascam,” katanya.

Tepat Di Hari Lahirnya Pancasila, Bawaslu Mesuji Gelar Pelantikan 105 PKD

Adapun PKD yang dilantik tersebut untuk desa di tujuh kecamatan, kecamatan Tanjung Raya, Simpang Pematang, Way Serdang,Panca Jaya, Mesuji, Rawajitu Utara,dan Mesuji Timur.

Deden mengatakan, PKD yang terbentuk saat ini merupakan mitra tugas Bawaslu di bawah naungan Panwascam, guna meningkatkan kualitas kepengawasan setiap tahapan serta pelaksanaan pada Pilkada serentak 2024, sesuai ketetapan aturan berlaku untuk mencapai jalannya Pemilihan yang adil dan tertib.

Pria yang juga pernah menjadi ketua E-sport Mesuji berharap, seluruh PKD dapat menjalankan tugas, fungsi, wewenang dan  kewajiban sepenuhnya dalam menyukseskan serta menegakkan hajat Demokrasi Pilkada serentak 2024 yang Profesional dan Bermartabat melalui Asas Pemilu yang LUBER JURDIL (Langsung,Umum,Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil).

“Pengawas pemilu merupakan Tonggak Demokrasi bangsa, untuk mewujudkan sarana kedaulatan rakyat yang efektif, maksimal bermutu serta berkualitas. Sebab itu Bawaslu Mesuji berharap bagi seluruh Panwascam dan PKD yang diamanahkan dapat  menjalankan tugas sebaik-baiknya saling berkolaborasi secara aktif dan benar-benar memahami apa yang menjadi kewajiban,”ungkapnya.

Tepat Di Hari Lahirnya Pancasila, Bawaslu Mesuji Gelar Pelantikan 105 PKD

Deden juga berharap, seluruh panitia pengawas disetiap tingkatan mampu dan berupaya membangun jaringan atau hubungan kolaboratif, kepada setiap lapisan elemen sebagai bentuk pengawasan partisipatif masyarakat.

Menurutnya, kesuksesan hajat Demokrasi yang sehat serta berkualitas tidak akan mampu terwujud tanpa dukungan dan kesadaran bagi setiap masyarakat.

“Mari kita awasi bersama Pemilukada 2024 ini secara Masif , Akuntabel , tanpa Nondiskrimitanif dan Proporsional terbuka. Kita Awasi, Cegah dan Tindak jika adanya pelanggaran pemilu, agar kita dapat menentukan pemimpin yang memiliki Integritas tinggi untuk masyarakat lebih baik.

“Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” tandasnya. LIPSUS

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group