Tangani Stunting, 200 Balita di Mesuji Diberikan Vitamin

bulan vitamin

Andi SunaryaLaporan : Andi Sunarya

Gentamerah.com || Mesuji – Sedikitnya  200 balita yang ada di wilayah kerja Posyandu Dahlia Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, ditimbangan berat badan dan diukur tinggi badannya, sekaligus diberikan vitamin A bulan Agustus-Oktober 2023, di Aula Kecamatan Tanjung Raya, Jumat (13/10/2023).

Kegitan tersebut dimotori Dinas Kesehatan Mesuji sebagai tindaklanjut Surat Edaran Bupati Mesuji nomor : KS.15.00/6457/IV.04/MSJ/2023, tentang Pelaksanaan Pengukuran dan Penimbangan Seluruh Balita Serentak Terintegrasi Dengan Pelaksanaan Bulan Vitamin A dari Bulan Agustus 2023 menjadi Oktober 2023 di Kabupaten Mesuji.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Yanuar Fitrian.SKM., menyampaikan, dalam rangka penanganan Stunting di Mesuji melalui penimbangan berat badan balita dan validasi data stunting elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM).

Selain itu, diberharapkan bisa mencukupi jumlah data 30 persen data stunting itu terpenuhi semua dalam rangka mencapai data e-PPGBM 100 persen.

 Sekretaris Daerah Mesuji  Syamsudin.S.Sos., yang sempat hadir mengatakan, bahwa Pemkab Mesuji memang sedang gencar melakukan penanganan dan pencegahan stunting. Hari ini pihaknya melalui Dinas Kesehatan melakukan kegiatan pengukuran dan penimbangan seluruh balita secara serentak dan terintegrasi sekaligus pemberian vitamin A bulan Agustus-Oktober 2023.

“Saya hari ini melihat pelaksanaan kegiatan penanganan Inflasi, Operasi Pasar di Desa Bujung Burung dalam rangka melihat standar stabilisasi pasokan dan harga pangan. Kemudian ini dilanjutkan dengan penimbangan berat badan balita dan pemberian vitamin A sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Mesuji tentang Penanganan Stunting,” kata Sekda.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Brabasan, Siti Fadilah memaparkan bahwa sasaran balita di wilayah kerjanya ada sekitar 306 balita. Sampai dengan siang ini baru sekitar 200 balita yang hadir. “Sementara sisanya nanti oleh kader posyandu didampingi bidan desa akan di sweeping langsung secara door to door,”ucap Kapus.

Siti menambahkan, selain kegiatan Penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita serta pemberian vitamin A bulan Agustus-Oktober. Turut dilakukan sosialisasi terkait El Nino, mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Khususnya bagi ibu-ibu yang memiliki balita agar ketika keluar rumah selalu memakai masker,  jika tidak penting agar tidak perlu keluar rumah agar terhindar dari dampak El Nino,”tambahnya.

Selain di Desa Brabasan dan Bangun Jaya, Kecamatan Simpang Pematang, kegiatan serupa juga dilakukan serentak di beberapa desa lainnya oleh tim dari Dinas Kesehatan, seperti di Desa Simpang Pematang dan Harapan Jaya, Kecamatan Simpang Pematang, kemudian di Desa Wiralaga Mulya, dan Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, serta di Desa Fajar Asri, Kecamatan Panca Jaya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin.S.Sos., Kepala Dinas Kesehatan Yanuar Fitrian.SKM., Sekretaris Dinas Kesehatan  Kusnandarsah.SKM., Camat Tanjung Raya Ali Batun.SE.MM., Kepala Puskesmas Brabasan Siti Fadilah.SKM., para Kader Posyandu Dahlia dan Bidan Desa serta para ibu yang memiliki balita di Desa Brabasan.

Editor : Nara

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group