Gema Seruling, Puskesmas Panggung Jaya Ajak Warga Gotong Royong

Gema Seruling, Puskesmas Panggung Jaya Ajak Warga Gotong Royong
Caption: Kegiatan gotongroyong masyarakat membersihkan lingkungan dan sungai bersama Puskermas Panggung Jaya. foto: Andi Sunarya

Mesuji- Tingkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan, Puskesmas Panggung Jaya mengajak seluruh warga untuk bergotong-royong untuk membersihkan lingkungan dan sungai, Kamis (30/05/2024).

Dengan mengusung slogan ‘Gema Seruling’ (Gerakan  Masyarakat Membersihkan Sungai dan Lingkungan) merupaka salah satu inovasi program Kesehatan Lingkungan yang di gagas Puskesmas setempat.

Melalui kegiatan tersebut, warga diajak untuk bergotong-royong, terlibat langsung dalam aksi nyata seperti pembersihan sampah di sekitar sungai, lingkungan rumah dan pengelolaan sampah organik.

Suranto, Amd.kI, Pengelola  program kesehatan lingkungan, Puskesmas Panggung Jaya mengatakan, inovasi Gema Seruling juga melibatkan peran lintas program dan sektor itu mempunyai beberapa kegiatan yang dilakukan.

Kegitan itu, penyuluhan, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), pemilahan sampah rumah tangga, gotong royong membersihkan sungai dan lingkungan serta pembagian bubuk Abate.

“Demi mencapai tujuan kegiatan ini berkolaborasi dengan pengelola program promosi kesehatan, pengelola program DBD, pengelola program Diare, pengelola program Malaria, Bidan Desa serta stakeholder seperti Kecamatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Aparatur Desa,” jelas nya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah penularan penyakit berbasis lingkungan seperti Diare dan DBD, meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan sekitar dan meningkatkan kerjasama lintas sektor.

“Masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah penyebaran DBD. Dengan mengikuti program-program Puskesmas  melakukan tindakan-tindakan yang dianjurkan, masyarakat dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Editor : Seno

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group