Penderita Turus Meningkat, PMI-KPA Natuna Gelar Penanggulangan AIDS

Penderita Turs Meningkat, PMI-KPA  Natuna Gelar Penanggilangan AIDS

gentamerah.com| NatunaPMI dan KPA Natuna Provinsi Kepulauan Riau, melakukan  aksi penanggulangan AIDS  di kecamatan Bunguran Timur Ranai, tepatnya dipersimpangan lampu merah masjid Jami Ranai,  Minggu (3-12-2017)
Aksi tersebut  diikuti  PMR Timur, SMKN 1 Natuna, PMR Timur Laut, PMRSelatan, PMR tengah, serta didukung oleh OSis , PIK-R, pramuka dan genre sebunguran, Amongmitro, FBN, Komuna, LaskarRaya, Forum Anak Natuna, Satpol PP, Indonesia Mengajar dan Babinkantimasbunguran Timur.
Ihsan, Kabid Dinas Kesehatan Natuna, mengatakan  aksi tersebut  bertujuan untuk  bisa mengurangi masalah AIDS.
“Dalam waktu dekat ini,  kita akan melakukan survai dibeberapa café yang ada didaerah kita, dengan sasaranya PSK dan pelanggan. Kita akan lakukan sampla darah target sasaran. Ini  kita lakukan agar bisa mengetahui siapa positif dan negatif dalan persoalan AIDS,” katanya.
Menurutnya, data Dinkes setmpat, pada tahun 2016  terdapat  60 pendirita  terjangkit HIV AIDS dan 2017 meningkat menjadi 90 Penderita, sekitar 30 orang  meninggal dunia.
Ihsan menambahkan pengkonsumi obat proses penyembuhan sebanyak  11 orang,
Dalam hal ini ada yangg namanya Triziro,  dikelompokkan menjadi tiga, triziro Kematian, triziro penularan dan triziro diskriminatif. Sekarang yang paling banyak Triziro diskriminatif. Contohnya  seorang wanita  penularannya dari suaminya dan ia tetap dicam wanita yg tidak baik ditengah-tengah Masyarakat,’ ujarnya.
Di kabupaten setempat,  pengidap HIV  sudah menjalar disemua kalangan umur, dari bayi hingga usia produktif sekitar umur 20 bulan. “Dari dinas kesehatan,  saat ini sudah ada namanya program klinik fisiti, dan sudah ada  dibeberapa puskesmas, tujuannya  bisa mendeteksi pengidap secara dini,  sehingga kita bisa melakukan penanganan dan bisa menekan terjadinya trizero diskriminatif,” kata dia.
Penulis : Arizki Fil Bahri
 Editor : Yana

Tinggalkan Balasan