Adipati : Kami Diwarisi Jalan Rusak Luar Biasa

Adipati : Kami Diwarisi Jalan Rusak Luar Biasa

gentamerah.com Way Kanan- Dari 925 kilo meter jalan yang telah beraspal di Way Kanan Provinsi Lampung, hanya sekitar 12% alias 111 kilo meter yang dalam kondisi baik layak pakai. Sepanjang 2.009 kilometer total jalan di kabupaten tersebut, 46% atau 925 kilo meter yang telah beraspal.
Hal itu terungkap, saat Bupati Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM menyambangi kantor PWI Kabupaten Way Kanan, dalam rangka ekspose program pembangunan infrastruktur yang telah dan sedang dilaksanakan pemerintah kabupaten setempat, di Kantor PWI, Rabu (14/06/2017).
“Kami diwariskan keadaan jalan kabupaten yang sangat luar biasa rusaknya. Karena itu, pada kesempatan ini, saya mengajak rekan-rekan PWI untuk bekerjasama membangun Bumi Ramik Ragom agar menjadi lebih baik,” ujar Bupati Way Kanan yang baru menjabat 1 tahun 4 bulan ini.
Turut hadir, Wakil Bupati Edward Antony, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Alirahman, Kepala Dinas Kesehatan Farida Aryani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musadi Muharam, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Rudi Joko dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ade Cahyadi, serta Edwin Bavur Kabag Humas dan Protokol Setdakab.
Kepala Dinas PU Way Kanan, Alirahman menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten saat ini telah berupaya memaksimalkan pembangunan jalan poros, dengan jumlah 666 kilometer. Sesuai program bupati dan wakil bupati Way Kanan untuk masyarakat di Bumi Ramik Ragom.
“Panjang ruas jalan Nasional di kabupaten Way Kanan, 81,90 kilometer, panjang ruas jalan Provinsi Lampung 261,009 kilometer, panjang ruas jalan kabupaten 2.009,89 kilometer dan panjang ruas jalan poros kabupaten 666 kilometer,” kata dia.
Pada tahun 2016, pemerintah kabupaten Way Kanan telah menuntaskan perbaikan jalan poros (jalan utama) sepanjang 117,78 kilometer. Sedangkan di tahun 2017, telah merancang dan melanjutkan perbaikan jalan poros dari sisa 666 kilometer yang telah dikerjakan pada tahun 2016 lalu hingga sekarang.
“Tahun 2017 ini, Dinas PU menganggarkan dana untuk perbaikan jalan poros sepanjang 88,157 kilometer. Untuk jalan poros yang telah terselesaikan pada tahun 2017 ini kurang lebih sepanjang 26 kilometer,” ujarnya.
Menurutnya, perbaikan jalan tersebut tidak dapat sekaligus dalam pelaksanaannya,  mengingat anggaran pemerintah kabupaten sedikit minim. 
“Mudah-mudahan ditahun 2018, seluruh jalan poros dengan panjang kurang lebih 666 kilometer akan selesai dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Sesuai dengan program tuntas ruas yang dicanangkan Bapak Bupati dan Wakil Bupati, pemkab akan mengentaskan jalan poros yang dinilai sudah sangat di nantikan masyarakat kabupaten Way Kanan,” terang Ali Rahman, Kadis PU.
Penulis : Muslimin
 Editor : Seno
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group