Sampaikan LKPJ Kepala Daerah, Raden Adipati Sampaikan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Sampaikan LKPJ Kepala Daerah, Raden Adipati Sampaikan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan
Penulis : A.Kuntar
 Editor : Yana
gentamerah.com | Waykanan- Dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat  Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung membangun perekonomian rakyat berbasis pertanian, melalui   pembinaan terhadap kelompok tani, peternakan,  perikanan, serta membentuk UPJA disetiap Kecamatan. 
Hal itu terungkap dalam paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung- jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2018, di ruang rapat utama DPRD Waykanan, Senin (15/09/2019).
“RKPD 2018 memberikan arahan pada kita untuk meningkatkan  pelayanan masyarakat, dengan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, mempercepat konektifitas, menyediakan   sarana dan prasarana wilayah,  perbaikan kualitas SDM dan pengembangan unggulan daerah, serta kondisi  lingkungan aman,” kata Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya.
Menurutnya, dari  proses pembangunan tersebut,  telah terjadi peubahan-perubahan kearah yang positif, baik dibidang pemerintahan,  infrastrukur, SDM,  perekonomian  dan juga keamanan lingkungan.  Dibidang  pemerintahan, telah dikembangkan  sistem dan prosedur kerja yang semakin baik, penataan SDM aparatur, penilaian kinerja pegawai yang terukur, dengan mengadopsi sistem yang dikembangkan oleh  KPK RI.
“Dibidang infrastruktur,  secara pelan tapi pasti kita berupaya  memenuhi harapan masyarakat, dengan membangun jalan jalan poros trategis,  pembangunan rumah sakit baru, dan saat ini telah terealisasi keinginan kita untuk dapat menikmati Bandara Gatot Subroto di Kabupaten Way Kanan,” katanya.  
Sementara dibidang SDM dan pelayanan sosial, pemkab setempat terus melakukan pembinaan  sekolah-sekolah negeri, sekolah swasta,  peningkatan pelayanan  puskesmas,  pelayanan bagi para disabel,  menyediakan BOSDA, JKN, PKH, Bedah Rumah, dengan sasaran mengurangi angka putus sekolah, angka kesakitan dan pengentasan kemiskinan.
“Pengembangan sektor pertanian juga diarahkan pada pada pembinaan sektor hilir yakni pengolahan hasil pertanian guna memperoleh nilai tambah.  Saat ini mulai  tumbuh UMKM yang bergerak  di  bidang mengolah hasil pertanian,  antara lain  kopi, rempah rempah, industri rumah tangga lain dan bahkan pariwisata,” kata Adipati.
Adipati menjelaskan, dalam pengelolaan keuangan daerah,  mengacu pada prinsip-prinsip tata kelola melalui  pendekatan Money Follow Program Prioritas.   Sedangkan untuk peningkatan pendapatan daerah dilakukan  dengan terus menggali PAD  dan sumber pembiayaan lain yang sah.
Untuk mendorong pencapaian program  program prioritas daerah yang sepenuhnya tidak terjangkau oleh anggaran daerah diberupayakan  meningkatkan sinergitas pembiayaan,   baik dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten.

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18