Peringati HGN, SMAN 1 Kasui Tunjukan Berbagai Kebolehan

Peringati HGN, SMAN 1 Kasui Tunjukan Berbagai Kebolehan
Kepala SMAN 1 Kasui, Nurwana, S.Pd, M.Si

Waykanan – Kemeriahan peringatan hari guru nasional (HGN) tahun 2023, tertumpah di SMA Negeri 1 Kasui, Waykanan, para siswa siswi menunjukan kebolehan meraka, Senin (27/11/2023).

Kepala SMAN 1 Kasui, Nurwana, S.Pd, M.Si mengatakan, siswa siswi di sekolah setempat meminta kepada kepala sekolah untuk memeriahkan HGN, dan semua ektra kulikuler sekolah dipentraskan untuk memeriahkannya.

“Semua Ekskul ditampilkan, dari Rohis, multimedia, Seni, kasidah, bahasa inggris dan juga ada yang menampilkan peragaan gimana mengatasi siswi atau siswi yang bandel. Makanya ada siswa yang berpakain guru, polisi dan tentara,” katanya.

Acara itu digelar, kata Nurwana sebagai bentuk kecintaan siswa siswi kepada para guru yang telah mendidikan,  sehingga para murid bebas mengekspresikan kecintaan mereka.

“Mereka menuangkan apa yang telah diperoleh disekolah, dengan berbagai penampilan yang mereka pertontonkan adalah sebagai ekspresi kecintaannya kepada guru,” ujarnya.

Nurwana mengatakan, Peringatan Hari Guru Nasional dibuat untuk mengapresiasi kerja keras para guru, sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. “Kalau peringatan secara besarnya, sudah dilakukan, ini khusus sekolah aja,” kata dia.

Menurutnya, Guru bukan hanya penuntun dalam pembelajaran akademis, tetapi juga menjadi teladan dalam membentuk nilai-nilai moral dan sosial siswa.

Mereka berperan sebagai garda terdepan dalam mendidik generasi penerus, agar memiliki pemahaman yang baik tentang toleransi, persatuan, dan tanggung jawab sosial.

“Kalau kata Ki Hajar Dewantara, guru itu ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, artinya adalah apabila di depan memberi contoh, apabila di tengah memberi semangat,apabila di belakang memberi dorongan,” kata kata Kepala SMAN 1 Kasui, bergelar Raja Guru Marga.

Advertisements

Tinggalkan Balasan