Alasan Sekolahnya Jauh, Siswa SMAN 1 Panca Jaya Malas Sekolah

Alasan Sekolahnya Jauh, Siswa SMAN 1 Panca Jaya Malas Sekolah

gentamerah.com Mesuji – Dewan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 1) Panca Jaya, Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, mengaku prihatin, pasalnya tingkat kehadiran  siswa siswi disekolah tersebut sangat rendah. Diduga siswa berangkat dari rumah tetapi tidak sampai kesekolah.
Kepala Sekolah SMAN 1 Panca Jaya, Riswo M.Si yang baru dua bulan menjabat disekolah tersebut,  mengaku sangat prihatin dan sedih melihat kondisi yang ada. Untuk meningkatkan kedisiplinan saat ini harus bekerja keras menumbuhkan kesadaran siswa-siswinya dengan cara mendatangi satu-persatu orang tua siswa untuk menanyakan langsung ,  permasalahan yang mengakibatkan anak-anaknya jarang masuk sekolah.
“Rendahnya tingkat kehadiran siswa, penyebab utamanya adalah kurangnya kontrol dari orang tua, dengan alasan letak sekolah yang begitu jauh dari tempat tinggal siswa,” katanya.
Menurutnya,  saat dikonfirmasi kekediaman wali murid, rata-rata siswa siswi setiap pagi berangkat ke sekolah, tetapi tidak sampai ke sekolah.
“Ternyata, setelah diadakan kunjungan ke rumah orang tua siswa, tingkat Kehadiran Siswa SMAN I Panca Jaya yang sebelumnya hanya di bawah 50 %. Alhamdulilah sekarang. sudah meningkat menjadi 90 %,”jelas Riswo kepada wartawan, Kamis (23/8/2017).
Guna memberikan pengarahan siswa dan orang tua murid, dalam beberapa hari belakangan,  Riswo bersama Murseto Eka Kusuma, S.Pd, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, melakukan kunjungan secara rutin ke rumah orang tua yang anaknya tidak sampai Ke Sekolah. Ternyata dampak positif dari kunjungan tersebut terjalin komunikasi yang baik antara orang tua siswa dengan pihak Sekolah, sehingga tingkat kehadiran siswa yang semula dibawah 50% meningkat menjadi 90 %.
“Ya Saya bersyukur, sambutan orang tua wali murid sangat baik dan meski cukup melelahkan, tetapi kami merasa sangat dihargai dan mereka berterimakasih karena menurut mereka selama ini belum ada kepala sekolah yang sampai mendatangi mereka demi menumbuhkan sikap kedisiplinan anaknya,” tukasnya.
Penulis : Nara
 Editor : Seno
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group