Bawaslu Mesuji Sosialisasi Dokumentasi Hasil Pemilu

Bawaslu Mesuji Sosialisasi Dokumentasi Hasil Pemilu

Mesuji- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) kabupaten Mesuji melakukan Sosialisasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan, Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2024, dibalai desa Berasan Makmur kecamatan Tanjungraya Mesuji Lampung,  Kamis (04/04/24).

Ketua Bawaslu Mesuji, anggota Komisioner Bawaslu Mesuji, Robi Ruyunda mengatakan pentingnya peserta mengikuti pelatihan tersebut, agar dalam pelaksanannya di lapangan temen-temen Panwaslu, PKD dan P-TPS dapat berjalan.

“Pentingnya memahami Publikasi dan Dokumentasi karena dalam pekerjaan Bawaslu dan jajaran sangat diperlukan pemahaman tersebut,” katanya.

Bambang Wahyudi S.Pdi.,SH,  mantan Komisioner Bawaslu Mesuji mengatakan, pencegahan dengan  mendokumentasikan segala bentuk kejadian pelanggaran sehingga dapat memberikan bukti secara administrasi.

“Sedangkan Pengawasan, didalamnya ada form A mencatat jam hari dan tanggal dalam proses pengawasan di dalam form A dan ditandatangani serta jumlah personil pengawasan,” katanya.

Menurutnya, dalam membuat pengawasan hasil berdasarkan Surat Perintah Tugas (SPT). Penanganan Pelanggaran, pembuktian dari terlapor harus terdokumentasi secara administrasi. Sengketa, menerima gugatan dari salah satu peserta pemilu atas hasil pemilu.

Dokumentasi, kata dia,  dapat dijadikan barang bukti atau alat bantu sebagai gugatan sampai ke tingkat Mahkamah Konstitusi. Keterangan Bawaslu di persidangan sangat dipertimbangkan oleh Hakim saat sengketa karena secara Administrasi dan Struktur lebih diakui.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Mesuji Apriadi SE menjelaskan, sejatinya suara itu mestinya didengar namun kali ini dicatat dan dihitung.

Publikasi adalah orientasinya untuk publik atau khalayak ramai. Menyatukan semua akses menjadi satu contohnya penyelenggara ke KPU, Legal pengawasan Bawaslu, serta terjadi pelanggaran harus ke Gakkumdu.

“Publikasi merupakan ke media massa seperti koran, televisi, radio, dan media streaming, namun ada hal lain yang bisa disebut publikasi seperti karya ilmiah, namun bukan produk jurnalistik yang dikelola oleh perusahaan pers,” ujarnya.

Adapun publikasi harus memenuhi transparansi namun tidak menelanjangi dan Mahkota publikasi adalah kebenaran.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group