Sekda Mesuji Harapkan Daerahnya Kembali Berjaya Akan Sumberdaya Ikan

Sekda Mesuji Harapkan Daerahnya Kembali Berjaya Akan Sumberdaya Ikan
Secara Simbolis Sekda Mesuji, Syamsudin Serahkan Bantuan Perikanan, Kamis (21/12/2023). Foto : Nara

Mesuji – Untuk menegmbangkan budidaya ikan dan mengembalikan kejayaan Mesuji sebagai sumberdaya ikan,  Dinas Perikanan salurkan bantuan alat penunjang usaha dan budidaya ikan, Kamis (21/12/2023).

Bantuan itu diserahkan Sekertaris Daerah (Sekda) Mesuji, Syamsudin didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten setempat, Ripriyanto bersama jajarannya di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Brabasan.

Bantuan diberikan kepada enam kelompok Pokdakan dan sembilan Poklasar, berupa enam  mesin pakan, waring dan puluhan ribu benih ikan air tawar.  Peralatan pengolahan ikan, cool box, chest freezer, tangki air, mesin sealer, timbangan, penggiling daging.

Syamsudin mengatakan, bantuan yang diberikan itu untuk mengembangkan usaha kelompok perikanan. “Jadi bantuan yang diberikan pemerintah daerah ini harapannya kelompok usaha pengolahan ikan dan kelompok budidaya ikan ini bisa masuk dan berkembang,” ujarnya.

Jangan sampai kata dia, bantuan yang diberikan hanya sekedar pemberian tanpa dampak yang berarti bagi pengembangan usaha.

Dirinya mengingat kepada Kelompok Pengolah dan Pemasaran Hasil Perikanan (Poklasar) serta Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) dalam menjalankan usahanya harus kompak.

Karena dibentuknya Poklasar dan Pokdakan memiliki tujuan yang sama.  “Ini bentuknya kelompok, jadi jangan didominasi oleh satu orang dan tujuan dibentuknya kelompok  dalam rangka keguyuban bersama,” ungkapnya.

Syamsudin menjelasakan bantuan yang diberikan itu sebagai salah satu upaya untuk memajukan sektor perikanan di Kabupaten Mesuji.

Sekda Mesuji menginginkan Kabupaten Mesuji bisa mengulang kejayaannya yang terkenal akan hasil ikan air tawar. “Nantinya akan ada evaluasi dan penilaian. Untuk melihat sejauh mana perkembangan dan kemajuan Pokdakan dan Poklasar dalam menjalankan usahanya,” kata dia.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji, Ripriyanto menuturkan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan memiliki fungsi pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan.

“Saat ini Dinas Perikanan Mesuji memiliki fungsi pemberdayaan, bagaimana kami memberikan bantuan  untuk memberdayakan Pokdakan dan Poklasar,” sebutnya.

Ripriyanto berharap, penerima bantuan bisa lebih semangat dalam menjalankan usahanya. Kepada Pokdakan dan Poklasar tidak segan menjalin komunikasi Dinas Perikanan Mesuji untuk belajar menimba ilmu dalam pengembangan usahanya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group