Tujuh Peskesmas Lampura Terakreditiasi

Tujuh Peskesmas Lampura Terakreditiasi

gentamerah.com Lampung Utara-Tujuh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dari 27 puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Utara akan diakreditasi.  Ditargetkan tahun 2019  semua puskesmas di kabupaten setempat semua terakreditasi.
Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lampura, Maya Metissa saat menerima tim akreditasi Puskesmas Dnas Kesehatan Provinsi Lampung melaksanakan pra survey akreditasi di Puskesmas Kotabumiudik, Kecamatan Kotabumi, Jumat (09/06/2017).
“Alhamdulillah untuk tahun ini,  tujuh puskesmas di Lampura akan diakreditasi oleh Tim Provinsi Lampung,  kita berharap mendapatkan predikat utama yakni paripurna. Setelah sebelumnya, di Tahun 2016 telah ada enam puskesmas terakreditasi. Dengan kualifikasi  dua akreditasi utama dan empat lainnya akreditasi madya,”kata dia.
Maya menjelaskan, ketujuh puskesmas yang akan diakreditasi pada tahun ini, Puskesmas Batunangkop, Kecamatan Sungkai Tengah, Puskesmas Semuliraya, Kecamatan Abung Semuli, Pusekesmas Tatakarya, Kecamatan Abung Surakarta, Puskesmas Kotabumiudik, Puskesmas Tulangbawang Baru, Kecamatan Bunga Mayang, Puskesmas Oganlima, Kecamatan Abung Barat, dan Puskesmas Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan.
“Pada 2016, dua  puskesmas telah mendapatkan akreditasi utama, Puskesmas Madukoro, Kecamatan Kotabumi Utara dan Puskesmas II Kotabumi, Kecamatan Kotabumi Selatan. Serta empat  lainnya mendapatkan predikat Madya Puskesmas Kotabumi I, Puskesmas Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan, Puskesmas Bukit Kemuning, dan Puskesmas Negararatu, Kecamatan Sungkai Utara,”terangnya.
Maya mengatakan, tim akreditasi dari Komisi Akreditasi Kementrian Kesehatan direncanakan akan datang pada pertengahan Juli mendatang. Dan penilaiannya meliputi standar pelayanan baik mulai dari tempat, tenaga dan prosedurnya. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan puskesmas.
“Ini sejalan dengan program Windu Cita yang dijalankan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Agung Ilmu Mangkunegara. Pelayanan kesehatan gratis dan berkualitas telah dapat diakses masyarakat pada fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas,”tambahnya.
Dinkes Lampura menargetkan, pada 2018 sebanyak tujuh puskesmas lagi yang akan diakreditasi, sehingga jumlah keseluruhan puskesmas yang telah terakreditasi di Lampura 20 puskesmas. Dan sisanya akan diselesaikan pada Tahun 2019, sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan gratis dan berkualitas diseluruh puskesmas.
Penulis : Andrian Volta

 Editor : Seno

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group