Pembuat Kartu Kuning di Lampung Utara Membludak

Pembuat Kartu Kuning di Lampung Utara Membludak



gentamerah.com Lampung Utara- Warga Lampung Utara, pembuat kartu kuning pasca lebaran meningkat pesat dari hari-hari biasa di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, Selasa (04/07/2017).
Hal tersebut terlihat dari banyaknya para pencari kerja yang mengantri di pelataran bidang pelayanan kartu kuning kantor disnakertrans. Rata-rata para mereka mencari pekerjaan di luar daerah, dengan tujuan terbanyak ke pulau jawa.
“Rata-rata mereka ini melamar pekerjaan di pulau Jawa, mulai Bekasi, Tanggerang, dan Jakarta. Dengan kualifikasi pendidikan SMA/sederajat, yang mengajukan lamaran disektor insformal atau perusahaan,” Kabid Penta Disnakertrans Lampura, Zacky Fahrurozi didampingi Kasi pendataan Musliono.
Menurutnya, banyak antrian terjadi saat sebelum lebaran dan  setelah lebaran seperti kemarin. Hal tersebut disebabkan banyaknya pembukaan disejumlah instansi pemerintah maupun diperusahaan-perusahaan swasta. Sehingga para pencari kerja banyak mengajukan kartu kuning sebagai syarat diterima ditempat kerja tujuannya.
“Sampai dengan tengah hari ini, jumlah masyarakat yang mengajukan kartu kuning sebanyak 258 buah. Belum sampai tengah hari, apalagi kalau sampai sore nanti,”terangnya.
Guna memberikan pelayanan cepat, dinas setempat menyiagakan lima orang petugas untuk melayani masyarakat yang membutuhkan kartu kuning. Ketika antrian semakin banyak petugas dibantu dari kesekratariatan.
“Semuanya diberikan secara gratis, asalkan melampirkan persyaratan yang ada, dengan masa berlaku dua tahun dan setiap enam bulannya diperpanjang,” ujar dia.
Syarat dalam pembuatan kartu kuning tersebut, foto kopi KTP, KK, ijazah terakhir dan map disesuaikan dengan jenjang pendidikannya.
Salah satu warga asal Desa Negaratu, Kecamatan Sungkai Utara, Muji mengungkapkan dirinya membuat kartu kuning sebagai antisipasi dikala ada lowonga pekerjaan. Sampai saat ini belum dapat memutuskan akan bekerja dimana, menunggu adanya lowongan pekerjaan.
“Alhamdulillah kartunya sudah jadi, dan pembuatannya tidak berbelat-belit. Itupun diberikan secara gratis,”ujanya.
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Yana
Print Friendly, PDF & Email

Penulis

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group