Pemda Lampura Ajak Warga Kelola Sampah Secara Terpadu

Pemda Lampura Ajak Warga Kelola Sampah Secara Terpadu

gentamerah.com | Lampung Utara— Pemerintah Kabupaten Lampung Utara berharap semua pihak dapat bersinergi dalam pengelolaan dan pengolahan sampah ‎di kawasan perkotaan, karena sangat diperlukan agar pengelolaan dan pengolahan sampah dapat dilakukan secara terpadu dan komprehensif.‎
Hal tersebut diungkapkan Azwar Yazid, Staf Ahli bidang pembangunan, kemasyarakatan, dan Sumber Daya Manusia, saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan relawan Kotaku di Aula Bappeda Lampura, Selasa (5/9/2017).
“Pengelolaan dan pengolahan sampah dikawasan perkotaan harus dilakukan secara terpadu dan komprehensif agar dapat efektif untuk kepentingan masyarakat‎. Tapi, untuk mencapai tujuan itu, masyarakat, swasta dan pemerintah harus terus bersinergi satu sama lain,” papar Azwar Yazid.
Azwar memaparkan, konsep sistem terpadu tersebut baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat sama – sama memiliki kedudukan yang sejajar dan bersinergi dalam hal pengelolaan sampah. Tujuannya, supaya ketiga komponen itu dapat saling mengingatkan bilamana mendapati ada yang tidak beres dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian sampah di kawasan perkotaan dimasa mendatang.
“Untuk itu, dari tiga komponen baik warga, swasta, maupun pemerintah dapat saling mengawasi jika terdapat kesalahan dalam pengelolaan dan pengolahan sampah di kemudian hari,” jelasnya
Menurutnya, sistem komprehensif dalam pengelolaan dan pengolahan sampah, harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari hulu hingga ke hilir atau dari sumber sampah hingga ke tempat pengolahan sampah.
“Dari sumber sampah, bisa dikelola dan diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi‎ sehingga dapat membantu perekonomian warga sekitar,” tuturnya.
Menurut Staf Ahli bidang pembangunan, kemasyarakatan, dan SDM tersebut, jika konsep yang ditawarkannya kepada para relawan KOTAKU dapat dijalankan dengan baik,  maka konsep itu bisa meningkatkan kualitas kawasan perkotaan dan lingkungan permukiman yang sehat, dan bersih serta bernilai ekonomis.
“Kalau dikelola secara profesional maka sampah – sampah yang dihasilkan tak akan mengganggu lingkungan dan bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” pungkasnya
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Yana
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group