Perbaiki Infrastruktur di Rumbia, Loekman Ajak Warga Gotong Royong

Perbaiki Infrastruktur di Rumbia, Loekman Ajak Warga Gotong Royong
Wabup Lamteng, Loekman Djoyosoemarto (Mengenakan topi Loreng) bersama warga bergotong royong. Foto: Gunawan/gentamerah.com

gentamerah.com| Lampung Tengah – Ratusan warga empat kampung Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), bersama Wakil Bupati (Wabup) setempat bergotong royong memperbaiki badan jalan dan jembatan yang mulai rusakm Minggu (19/8/2018).
Wabup Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, menggerakan warganya dari Kampung Restubuana, Binakarya Utama, Binakarya Putra dan Kampung Binakarya Mandiri, tumpah ruah bergotong royong di sekitar Rawa Gentong, Kampung Restubuana, Kecamatan Rumbia.
“Saya senang, melihat antusias masyakat yang sangat luar biasa, walaupun hanya menggunakan peralatan seadanya, seperti cangkul sabit, tapi mereka bers mangat. Jalan dan jembatan yang tadinya rusak akibat terkena banjir, sekarang sudah diperbaiki dan dapat dilewati, walaupun belum maksimal,” ujar Wabup.
Wabup Loekman menambahkan, kegiatan gotong royong tersebut nantinya akan terus dilanjutkan, sebagai bentuk partisipasi masyarakat terhadap pembangunan daerah. Masyarakat akan diajak Bum cord gorong-gorong, Pemkab Lamteng yang akan memberikan bantuan semen dan cetakannya, dan masyarakat yang akan mengerjakannya.
“Inilah bentuk kerjasama yang baik, antar masyarakat dan pemerintah daerah, yang mesti dilakukan, agar semuanya dapat berjalan seimbang. Dengan begini, pembangunan dapat merata dan dirasakan oleh masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.
Seperti kita ketahui, imbuh Wabup,  gotong royong merupakan ciri khas budaya bangsa, yang telah ada sejak dulu, dalam kegiatan kerja bhakti seperti ini, ada nilai-nilai kebersamaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan, guna memperkuat integritas sosial masyarakat.
Sebelum melaksanakan gotong royong pagi hari, malam harinya Wabup Loekman bersama rombongan telah bermalam di lokasi, dengan dibantu satu unit alat berat jenis Ekskavator, Minggu (19/8/2018) pagi, masyarakat yang telah berkumpul langsung digiring menuju lokasi yang akan diperbaiki.
Menurut Wabup, tidaklah mudah untuk melestarikan dan mempertahankan semangat gotong royong, di masyarakat sekarang ini, yang justru cenderung semakin individualis dan saling berkompetisi, dengan saling menonjolkan persaingan ketimbang kebersamaan.
Kepala Kampung Restubuana, I Ketut Sugede, atas nama masyarakat menyampaikan ucapkan terimakasihnya, atas kehadiran Wabup Lamteng pada kegiatan gotong royong. Sehingga menambah semangat warga Kecamatan Rumbia, untuk kembali menghidupkan kerja gotong royong.
Penulis : Gunawan
 Editor : Yana

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18