Pembajak Sawah Pringsewu Adu Kemahiran Mengolah Sawah Perebutkan Piala Bupati

Pembajak Sawah Pringsewu Adu Kemahiran Mengolah Sawah Perebutkan Piala Bupati

gentamerah.com | Pringsewu – Untuk kali kedua, Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Lampung menggelar kejuaraan balap traktor (bajak Mesin), memperebutkan Piala Bergilir Bupati Pringsewu,  di areal persawahan Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo, Rabu (28/11/2018).  Sedikitnya  70 peserta mengikuti ajang keterampilan mengolah tanah mempergunakan traktor tangan tersebut, yang sebelumnya pernah diselenggarakan pada tahun 2017 lalu.
Kadis Pertanian Pringsewu,  Ir.Iskandar Muda mengatakan, perlombaan balap traktor yang sudah menjadi event tahunan  itu bertujuan untuk menggairahkan sektor pertanian, khususnya padi sawah di Kabupaten Pringsewu, ditengah semakin maraknya alih fungsi lahan di wilayah setempat.
Sementara itu, Bupati Pringsewu Hi.Sujadi mengapresiasi digelarnya lomba balap traktor,  selain inovatif,  diharapkan bisa bersinergi dengan visi Pringsewu Berdaya saing, Harmonis, dan Sejahtera atau Pringsewu Bersahaja.
“Berdaya saing, dimana melalui lomba ini, peserta lomba tentunya memiliki keunggulan dalam teknik bercocok tanam. Harmonis, dimana melalui event ini akan terjalin hubungan kerjasama yang harmonis antarpetani atau antarkelompok tani. Kemudian Sejahtera, karena melalui lomba ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian secara lebih optimal,” harapnya.
Selain lomba balap traktor, juga diselenggarakan pawai parade traktor besar dari start di simpang Tugu Gajah di Pekon Bulukarto hingga menuju Pekon Klaten dan finish kembali ke Tugu Gajah, Bulukarto.
Penulis : L.Roysamuel.V.S
 Editor : Yana

Tinggalkan Balasan