Lima Hari Jabat Kalapas Waykanan, Syarpani Diberi Gelar Adat Lampung

Lima Hari Jabat Kalapas Waykanan, Syarpani Diberi  Gelar Adat Lampung

gentamerah.com // Waykanan – Lima hari setelah resmi menjabat Kepala Lapas Waykanan, Lampung. Menerima gelar Adat Lampung. Kepala Lapas Waykanan, Syarpani  mendapatkan gelar Sutan Mangku Negara, dalam prosesi begawai adat di Sesat Agung Kampung Karangan, Kecamatan Bumi Agung, Waykanan, Sabtu (25/1/2020).
Begawi atau yang kerap disebut dengan istilah lengkap Begawi Cakak Pepadun merupakan upacara adat masyarakat Lampung untuk memberikan gelar adat kepada seseorang. Adapun masyarakat etnis atau suku bangsa Lampung yang melaksanakan begawi adalah yang berasal dari kelompok adat Lampung Pepadun.
“ Iya benar, kami baru saja menerima gelar kehormatan Sutan Mangku Negara dan isteri saya  Sutan Raja Yang Ngator setelah melalui proses yang panjang,” ujar Putera Waykanan yang baru lima hari memimpin Lapas tanah kelahirannya.
Syarpani menuturkan, Begawi bertujuan untuk memberikan gelar kepada pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahannya. Dalam pelaksanaannya, Begawi diwarnai dengan berbagai prosesi mulai dari peragaan pencak silat, penyembelihan hewan, pemberian gelar atau cakak pepadun dan tarian Cangget, tarian cangget yaitu tarian yang diikuti oleh bujang gadis, satu rumah mewakili sepasang bujang gadis untuk ikut acara cangget agung, setelah itu bujang gadis di jemput oleh penglaku (panitia) untuk ke sesat agung (rumah adat) setelah bujang gadis semua berkumpul dan menari satu persatu, talo dibunyikan dan petasan pun di bunyikan cangget agung berlangsung hingga pagi hari.
“Semua proses telah dijalani, semoga amanah  pemberian gelar ini bisa kami jaga dalam rangka melestarikan budaya adat lampung,” katanya.
Sementara itu, Tokoh adat sebagai Pengelaku Tiuh, Ismail Gelar Ndika Bangsawan mengharapkan, agar Syarpani sebagai sosok anak muda kebanggaan tanah kelahiran dapat menjadi motivator bagi yang lain.
“Semoga Sutan Mangku Negara (Syarpani) dapat menggugah anak muda yang lain dalam membangun tanah kelahiran serta melestarikan budaya adat lampung,” kata dia, diaminin oleh Penyimbang Marga Abidin Glr Sutan Riya Ratu Pangeran.



Penulis : Kuntar/Zulkarnain
Editor : Riasto

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18