Jubir Covid Waykanan: Satu Warga Lagi Positif Corona, Total Dua Warga

gentamerah.com// Waykanan – Satu warga Waykanan,Lampung dinyatakan positif terpapar Corona. Jm merupakan Warga Rebangtangkas, Kabupaten setempat, langsung diisolasi di RS Bandar Negara Husada, Bandar Lampung, Selasa (28/04/2020).

Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto membenarkan, Jm dibawa ke RS Bandar Negara Husada (RSBNH) Bandar Lampung untuk menjalani karantina, sampai dengan dinyatakan sembuh dari Covid-19, dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.
“Hari ini (Selasa,38/04/2020) tadi Jam sudah dibawa ke BNH dari rumahnya.Selanjutnya  akan terus dilakukan pemantauan kesehatannya termasuk kebutuhan harian makan minum nya sehingga ybs benar2 bisa terkontrol kondisi kesehatannya,” katanya.

Menurutnya, Jam merupakan salah satu rekan PS, Warga Baradatu, Waykanan yang sebelumnya juga dinyatakan Positif Corona dan telah dikarantina di BNH. Keduanya merupakan jemaah Ijtima Dunia Zona Asia 2020,di Gowa Sulawesi.

“Jam pulang ke Rebang Tangkas pada Tanggal 22/03/2020,  hari minggu, bersama dua rekannya Bn dan  Dn  dari Gowa Sulawesi setelah menghadiri kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia 2020,di Gowa Sulawesi. Dan langsung diadakan pemeriksaan oleh petugas kesehatan setempat,” kata Anang.

Ketiga Warga Rebangtangkas itu menjalani isolasi mandiri dirumah kediaman masing-masing selama 14 hari, dan diberikan edukasi tentang PHBS . Dengan hasil pemeriksaan sehat, tidak ada keluhan.

Pada Kamis,  16/04/2020, Jm dilakukan pemeriksaan Rapid Test pertama oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan dengan hasil non reaktif. Setelah dilakukan Rapid Test pertama dan akan dilanjutkan dengan Rapid Test kedua 7 hari berikutnya  Jm dianjurkan kembali melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari ke depan.

“Pada Tanggal 22/04/2020, Jm kembali dilakukan pemeriksaan Rapid Test kedua oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan dengan hasil reaktif. Kemudian untuk memastikan kembali dilakukan PCR Swab/sputum selama 2 hari berturut-turut dan sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan,” kata dia.

Senin,  27/04/2020, Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksaan sampel Swab/Sputum Tn. Jm dengan hasil konfirmasi positif covid 19.
“Kita semua berdoa semoga semuanya akan sehat terus” kata Anang Risgiyanto yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Waykanan. (Red)

Tinggalkan Balasan