Penuhi Tantangan Kerja Era Digital, SMKN 1 Pakuanratu Buka Jurusan DKV

Oplus_131072

 

Waykanan – Lulusan SMK harus sudah siap kerja, terutama pada saat ini pada era digital.

Memenuhi tantangan tersebut, SMKN 1 Pakuanratu Kabupaten Waykanan, Lampung membuka jurusan baru yang menerapkan disiplin ilmu khusus desain grafis.

Kepala SMKN 1 Pakuanratu, Ahmadi mengatakan, perkembangan era digital saat ini, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang desain grafis makin tinggi. Hampir semua perusahaan membutuhkan desain grafis untuk keperluan branding, promosi, dan pemasaran produk mereka. Oleh karena itu, peluang kerja di bidang desain grafis semakin terbuka lebar.

“Kita siapkan siswa siswi Sekolah kita ini untuk bisa bersaing dalam desain grafis. Kalau di perusahaan misalnya, lulusan sekolah ini tidak mau berkerja disana, dia sudah mahir membuka usaha sendiri,” kata Ahmadi diruang kerjanya, pekan kemarin.

Jurusan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), kata Ahmadi, baru tahun ini dibuka dan akan di genjot dengan menggandeng berbagai sumber, dengan disiplin ilmu khusus.

“Saya mau, siswa saya jurusan DKV ini tidak hanya kuasai teori saja. Tapi dalam pengajaran harus juga bisa praktek. Untuk kebutuhan mereka pasti akan kami fasilitasi. Dalam waktu dekat ini kita akan gandeng dulu kawan jurnalis yang memang menguasai dalam bidangnya, terutama bagaimana pengeditan foto, video, dan bahasa desain lainya,” ujarnya.

Ahmadi menjelaskan, DKV nantinya harus punya produk sendiri, yang bisa ditawarkan kedunia luar sekolah atau dalam sekolah.

“Misalnya, sebuah buku yang isinya tentang cara mudah membuat desain dengan Corel, atau lainya. Mudah-mudahan meski dikelas satu ini, mereka sudah ada produk sendiri,” kata dia.

Setelah lulus dari jurusan DKV, kata Ahmadi, mereka dapat bekerja sebagai desainer grafis, ilustrator, animator, fotografer, editor video, dan berbagai profesi lainnya yang berkaitan dengan desain grafis. Peluang kerja di bidang desain grafis sangat luas dan beragam, baik di perusahaan besar, lembaga pemerintahan, maupun menjadi freelance.

“Jurusan DKV akan melatih siswa berpikir kreatif dan inovatif. Kemampuan ini sangat diperlukan di dalam dunia kerja, terutama di bidang kreatif,” ujar kepsek yang memiliki jaringan cukup luas ini.

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan