Pemuda Pesawaran Mampu Ciptakan Inovasi Pakan Kelinci Berkualitas

Pemuda Pesawaran Mampu Ciptakan Inovasi Pakan Kelinci Berkualitas

gentamerah.com | Pesawaran- Galih Dwi Prasetyo (23), Pramuka Pandega Kwartir Ranting Marga Punduh Kwartir Cabang Pesawaran, Kwartir Daerah Lampung meraih peringkat II Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2017.
Dengan adanya inovasi tersebut Galih Prasetyo, berharap Desa Maja Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran sebagai sentral penghasil pakan kelinci.
“Ini semua awalnya karena saya hobi melihara kelinci. Dengan memelihara kelinci dapat menjadi penopang kehidupan kami sehari- hari. Dengan berbagai percobaan, saya dapat menciptakan Inovasi teknologi pakan kelinci,” katanya, Jum’ at (20/10/2017) di Dispora Kabupaten Pesawaran.
Menurutnya, ada beberapa kendala yang dihadapi untuk terus mengembangkan usaha peternakan kelinci. Terutama terkait pakan kelinci berkualitas.
Dengan adanya kesulitan mengenai pakan berkualitas tersebut, maka diciptakan inovasi teknologi tentang pakan ternak yang berkualitas, sehingga masyarakat dapat berhasil dalam meningkatkan kesejehateraannya.
“Wafer kelinci merupakan pakan fermentasi berkualitas dan dapat mengurangi tingkat kematian pada ternak yang disebabkan gangguan perncernaan, serta memenuhi kebutuhan protein,” ungkapnya.
Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Suranto mengatakan, sangat bangga dengan adanya pemuda Pesawaran yang berhasil meraih peringkat II Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2017.
” Hal ini ditetapkan melalui Keputusan Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kementrian Pemuda dan Olahraga Nomor 10.16.1 Tahun 2017, tanggal 16 Oktober 2017,  tentang Penetapan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2017,” ujarnya.
Suranto, menjelaskan inovasi teknologi pembuatan pakan ternak kelinci fermentasi berkualitas tersebut merupakan inovasi baru berbahan dasar daun dan buah turi, menggunakan micro organisme lokal (MOL). “Sebelumnya, Galih sudah menjadi juara satu  tingkat Provinsi Lampung dan masuk ke tingkat nasional,”kata Suranto.
Menurut Suranto, rencananya penghargaan tersebut akan diterima Galih pada tanggal 28 Oktober 2017 bertepatan dengan puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tingkat nasional  di Jakarta dan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda RI.
“Pada tanggal 30 Oktober 2017 nanti,  Bapak Bupati Pesawaran, Hi. Dendi Ramadhona, S.T. akan memberikan penghargaan kepada Galihm,” uacapnya.
Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran, Aria Guna, menjelaskan bahwa berkarya dan berprestasi untuk Pesawaran, merupakan acuan yang mendasari gerak langkah anggota Pramuka di Bumi Andan Jejama.
“Salah satunya, telah ditunjukkan dan dibuktikan oleh Galih Dwi Prasetyo, seorang Pramuka Golongan Pandega Kwarran Marga Punduh,”  kata Aria.
Penulis : Ali Mubaroq
 Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18