Gelar Seminar Pendidikan, Pairin : IPM Kota Metro Tertinggi di Lampung

Gelar Seminar Pendidikan, Pairin : IPM Kota Metro Tertinggi di Lampung

gentamerah.com|Metro – Sebagai Kota Pendidikan, sudah sepatutnya bila pembangunan manusia di Kota Metro, Lampung  terus mengalami kemajuan. Indeks IPM Kota sejak tahun 2010, terus meningkat.
Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Metro,  Achmad Pairin, pada  seminar pendidikan yang  digelar Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), di gedung Graha Suka Metro, Kamis (6/9/2018).
“Pada tahun 2017, IPM Metro  mencapai 75,87 dan merupakan IPM tertinggi se- Provinsi Lampung,” kata Pairin.
 Menurutnya,  seminar pendidikan dilaksanakan untuk membicarakan permasalahan pendidikan di Kota Metro, dan sebagai langkah untuk memajukan pendidikan di Bumi Sai Wawai.
Kepala Bappeda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo menjelaskan, seminar itu mengedepankan pendidikan karakter, dan diperlukan adanya kerjasama antar orang tua, sekolah dan siswa.
“Ini yang nantinya akan diterapkan di Kota Metro, Sebetulnya memang sudah diterapkan. Tetapi ini lebih ditekankan lagi. Yang diutamakan itu kejujuran siswa, sopan santun, Ini perlu kerjasama semua pihak,” ujarnya.
Sementara itu, Prof. Dr. H. Arief Rachman, M. Pd, narasumber seminar dari guru Universitas Negeri Jakarta dan Ketua Harian Komnas Indonesia untuk UNESCO menuturkan, yang menjadi pembahasan dalam seminar tersebut yakni bagaimana meningkatkan kinerja dan profesionalitas tenaga pendidik.
“Jadi bagaiamana membuat suasana pembelajaran itu menyenangkan. Dengan begitu, potensi anak baik itu potensi spiritual, akal, perasaan, jasmani dan sosial akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya,” tuturnya.
Ditambahkanya, dalam pendidikan karakter tidak boleh hanya dibebankan kepada sekolah. Sebab, dalam pendidikan karakter dibentuk oleh tiga lembaga yakni keluarga, sekolah dan juga masyarakat.
“Kalau di keluarganya sendiri terjadi penyimpangan pendidikan karakter, contohnya orang tuanya berbohong maka akan ikut. Jadi pendidikan karakter itu bukan hanya disekolah,” tutupnya.

Penulis : Mega
 Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18