Genjot Populasi Sapi, Pemprov Lampung Galakan Program Upsus Siwab

Genjot Populasi Sapi, Pemprov Lampung Galakan Program Upsus Siwab

gentamerah.com | Bandarlampung- Meningkatkan target  populasi sapi di Provinsi Lampung sebagai Lumbung Ternak Nasional, Pemerintah Provinsi Lampung, menggalakkan Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).
Selian itu Pemprov Lampung juga menggalakan kampaye produk peternakan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUS) dan Lampung Bebas Rabies 2020, demi mempertahankan kejayaan peternakan di Provinsi setempat.
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat mengungkapkan hal itu saat menjadi Inspektur Upacara mingguan halaman  Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (21/1/2019).
Menurut Taufik, Upsus Siwab ditargetkan 162.000 ekor sapi, agar mampu mencapai kebuntingan sebesar 70 persen dari jumlah ekseptor atau sebesar 113.400 ekor. Sementara angka kelahiran ditargetkan sebanyak 90.720 ekor.
Menurutnya, selain meningkatkan populasi sapi melalui Program Upsus Siwab,  tahun ini Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian juga mengalokasikan kegiatan fasilitas Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).
“Artinya, Pemerintah akan memberikan bantuan pembayaran premi asuransi usaha ternak sapi untuk pembibitan atau pembiakan. Saat ini, dari target AUTS sebanyak 10.000 ekor telah tercapai 12.716 ekor dengan jumlah klaim sebasar 290 ekor,” ujar Taufik
Taufik menjelaskan, terkait produk peternakan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUS) di empat kabupaten, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur dan Tanggamus, dilakukan kampanye produk peternakan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUS). “Kampanye  tahun ini, direncanakan akan dilaksanakan di Tulang Bawang, Mesuji, Tanggamus dan Pesisir Barat, ” katanya.
Pemprov Lampung juga akan melakukan vaksinasi rabies gratis untuk kesehatan hewan,  selama bulan Agustus-September sebanyak 4.000 dosis se-Provinsi Lampung.

Penulis : Ali Mubaroq
 Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18