Terkait DD, Kadis PMD Mesuji Meminta Kades Untuk Berinovasi dan Transparan

Dalam Menjalnkan DD, Kadis PMD Mesuji Meminta Kades Untuk Berinovasi dan Transparan

gentamerah.com | Mesuji- Kepala desa di Mesuji, Lampung dalam menggunakan dana desa (DD) diminta tidak monoton, harus memiliki inovasi. Sesuai dengan aspirasi masyarakatnya. Semua pihak yang telah dipercaya dan mendapat mandat desa dapat mencari program yang betul-betul dianggap perlu dan frontal (terbuka) dalam pelaksanaannya.
Hal itu diungkapkan Ketua tim inovasi desa Sunardi,SE., sekaligus Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji, pada  acara Inovasi Desa Kecamatan Mesuji di Balai Desa Sidomulyo, Rabu (10/07/ 2019).
“Saya berharap perwakilan desa benar-benar berkomitmen dengan apa yang telah diputuskan untuk terus dikawal,” pintanya.
Untuk itu, lanjut dia, DD yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tidak harus hanya untuk keperluan infrastruktur dan bangunan fisik saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membuka badan usaha milik desa (bumdes) yang terus berkelanjutan, sehingga mendapatkan penghasilan bagi desa.
“Penggunaan dana desa tidak ada batasan untuk mendongkrak perkembangan ekonomi. Karena DD akan menjadi cikal bakal perkembangan sumber pendapatan desa,” terangnya.
Terkait pelaksanaan, kata Sunardi,  kepala desa, perangkat dan pendamping P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) bisa mengajak Babinkamtibmas untuk bersama mengawal dan mengelola dana desa, mulai dari pembangunan fisik sampai pengamanan.
Menurutnya, dibidang kesehatan, Kepala Puskesmas yang ada di desa, harus selalu berkoordinasi dengan pihak desa , terkait apa saja permasalahan kesehatan yang sedang terjadi, seperti pencanangan desa bebas buang air sembarangan, penanganan sampling gizi buruk balita dan lansia. Agar kegiatan yang dilakukan menggunakan dana desa bisa menyambung dengan program kegiatan dari DPMD.
“Saya berharap, semua pihak dapat terus saling berkoordinasi dan dapat memberi informasi yang benar-benar real agar tidak menimbulkan fitnah,” harapnya.
Dilain pihak, Wasrin Sekretaris Camat (Sekcam) mewakili Camat Mesuji Iwan Rifa’i menyatakan, Kecamatan Mesuji saat ini sudah banyak melakukan perubahan, mulai dari pembangunan infrastruktur jalan sampai antusias warga dalam memusyawarahkan program pembangunan desa.
“Kedepan, kita akan terus melakukan perubahan melalui inovasi pembangunan bersama masyarakat, supaya desa yang ada di Kecamatan Mesuji bisa berkembang mulai dari sektor pembangunan, infrastruktur, sampai ditingkat perekonomian, sehingga Kecamatan Mesuji mampu mengimbangi desa-desa lain yang lebih dulu maju dan mampu berdaya saing,” tegasnya.



Penulis : Andi Sunarya
Editor : Nay

Tinggalkan Balasan

error: Berita Milik GNM Group

Warning: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18