Ini Pesan Wanhat PWI Lampura, Saat Jadi Pembina Upacara Di SMP Dan SMA LKMD

Laporan:Gian Paqih

gentamerah.com|| Lampura – Dewan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara Agus Hardono, bertindak sebagai Pembina Upacara di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) LKMD Kecamatan Abung Timur, Senin (29/08/2022)

Sebagai pembina upacara Agus, menyampaikan beberapa amanatnya kepada seluruh peserta upacara. Amanat tersebut salah satunya adalah, memberi arahan kepada seluruh siswa agar dapat lebih bijak dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi terutama handphone dan sosial media.

“Di Era Digital seperti saat ini, dunia sudah dalam genggaman. Akan tetapi jika tidak bisa memanfaatkannya dengan baik khususnya dalam menggunakan HP dan Sosmed, maka kita akan terjerumus. Bahkan, bisa terjerat UU ITE atau KUHP pasal perbuatan tidak menyenangkan atau pencemaran nama baik,”jelas Agus.

Memilki latar belakang sebagai seorang Jurnalis, Agus pun mengajak pengurus OSIS untuk mulai membangun komunikasi dengan awak media, dan organisasi pers. Bahkan, dia pun menyampaikan manfaat dan keuntungan yang didapat oleh pihak sekolah, jika dapat menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan media.

“Jika sinergi dan komunikasi serta kerjasama dengan organisasi pers atau media bisa terjalin dengan baik. Maka salah satu keuntungan yang bisa didapat adalah publikasi. Sehebat apapun sekolah ini, sebanyak apapun  prestasinya, maupun kegiatan yang dilakukan. Tanpa publikasi, tidak akan diketahui oleh masyarakat luas, dan khalayak ramai, jadi akan terasa percuma,”imbuhnya.

Masih dikatakan Agus, himbauan itu  diberikan tentu bukan tanpa alasan. Dimana di era digital seperti saat ini, semua data dan informasi sudah bisa di akses melalui sosmed, serta berita-berita di media mainstream. Akan tetapi, harus cermat dan jeli dalam menggali informasi atau suatu berita jika sumbernya tidak jelas dan tidak bisa dipercaya, jika tidak ingin termakan isu/hoaks yang menyesatkan.

Pada era digitalisasi seperti saat ini, semua kebutuhan kita dalam  mengakses suatu berita atau sebuah informasi dengan kecanggihan teknologi menjadi sangat mudah. Akan tetapi jika dimanfaatkan dengan baik, seperti halnya seorang jurnalis atau wartawan dalam menyajikan suatu informasi yang akurat dan bisa dipercaya, maka karya nya pasti akan sangat dinantikan oleh masyarakat. 

“Saya sedikit memberikan contoh betapa penting dan besarnya peran media dan tugas seorang jurnalis. Bayangkan seandainya, seluruh wartawan di dunia pada hari ini tidak menulis berita, dan semua media baik cetak, maupun elektronik menghentikan aktivitasnya, maka kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi pada hari ini, baik di dalam ataupun di luar negeri,”Tandasnya. NARA

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18