SMKN 1 Pakuanratu Sabet Juara 3 Lomba Pengolahan Lahan Tingkat Nasional

SMKN 1 Sabet Juara 3 Lomba Pengolahan Lahan Tingkat Nasional

Waykanan – SMKN 1 Pakuanratu Kabupaten Waykanan, Lampung berhasil menyabet juara 3 pada ajang lomba pengolahan lahan tingkat nasional, yang di gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung.

Lomba tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-79 TNI Angkatan Laut, Dies Natalis Universitas Lampung (UNILA) ke-59, dan Fakultas Pertanian ke-28. Berlangsung pada Sabtu, 28 September 2024, lalu, di lahan ketahanan pangan Lanal Lampung, Caligi, Desa Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

Kepala SMKN 1 Pakuanratu, Ahmadi mengatakan, sekolahnya merupakan satu-satunya yang ikut dalam gelar lomba tersebut, dan berhasil memboyong piala juara ke 3.

“Alhamdulillah, meskipun hanya juara 3, saya bangga. Karena ini tingkat nasional dan lawannya dari berbagai universitas dan kelompok tani yang notabene setiap hari bergelut dengan pengolahan lahan,” katanya.

Perlombaan itu, kata Ahmadi melibatkan mahasiswa dari delapan universitas di Indonesia dan 15 kelompok petani dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.

Ahmadi mengungkapkan, di sekolahnya selama ini para siswa memang di gembleng untuk bisa melakukan pengolahan lahan, karena jurusan pertanian diharuskan menguasai bagaimana pengolahan lahan yang baik.

“Di sekolah kita memang ada Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, jadi siswa jurusan ini memang kita wajibkan untuk bisa menguasai study apa yang mereka pelajari. Praktik dan teori harus seimbang, bahkan SMKN 1 Pakuanratu lebih perbanyak praktik,” ujarnya.

Ketahanan pengan, kata Ahmadi, memang sedang di galakan saat ini. Jajaran TNI dari tingkat atas hingga koramil sedang gencar-gencarnya mengembangkan program tersebut.

“Pengelolaan lahan yang baik merupakan upaya penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan produktivitas pertanian,” tegasnya.

Adapun siswa yang diberangkatkan untuk mengikuti lomba tersebut, Tedy Nawan dan I Gede Yoga Prastya, sebagai guru didampingi  Komang Suwite SP dan Deni Anggara ST, Kepala jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura, Sonya Soraya SP

Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, melalui Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Qadar Hasani, S.Pi., M.Si., menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan lomba itu.

“Kami berterima kasih kepada Danlanal Lampung dan Pak Gubernur atas dukungannya,” katanya.

 

 

 

Exit mobile version