Adipati : Pembangunan Tahun 2020 Diarahkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

gentamerah.com | Waykanan-Kebijakan Pembangunan tahun 2020 di Waykanan Lampung,   diarahkan pada pemberdayaan ekonomi rakyat. Pembangunan tersebut merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya, dengan alas an sebagai pengembangan wilayah yang didukung sinergitas kabupaten dan konektivitas pembangunan tingkat kampong,  untuk menjadikan Kabupaten Waykanan yang maju dan berdaya saing.
Ungkapakan itu disampaikan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, saat  membuka Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), di aula kantor Camat Blambanganumpu, Selasa (26/02/2019).
“Upaya pengembangan infrastruktur,  masih dapat didorong untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi,  kemajuan sosial budaya, dan lingkungan,” kata Adipati.

Menurutnya, Musrenbang tingkat kecamatan sebagai amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang sistem perencanan pembangunan Nasional, dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang pemerintahan daerah, yang memberikan kewenangan kepada daerah untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
Menurutnya, Musrenbang kecamatan mempunyai arti penting dan strategis dalam rangka mencari masukan,  guna menyusun perencanaan pembangunan tahun anggaran 2020 untuk mencapai visi, misi, tujuan dan  sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD Waykanan  2016-2021.

Harapannya, melalui Musrenbang kecamatan tersebut,  dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan, yang perlu dukungan pendanaan APBD, APBD Provinsi, APBN dan  APBK (Kampung).  “Outputnya, dengan Musrenbang ini, maka  dapat menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel,  yang akan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2020.,” kata dia.

Adipati menjelaskan, peningkatan dibidang ekonomi masih perlu kerja keras dalam mewujudkan target RPJMD Tahun 2021,  sehingga perlu melakukan upaya percepatan terhadap pengembangan produk unggulan daerah yang memiliki nilai ekonomis tinggi.
“Dibidang sosial budaya,  kita terus tingkatkan SDM  daerah dengan meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan dan sektor pendukung lainnya. Sinergitas Program pembangunan tingkat kabupaten dan tingkat kampung harus diwujudkan. Saya minta  agar program kabupaten dipadukan dengan program serupa ditingkat kampong,” katanya.
Penulis : A.Kuntar
 Editor : Yana
Exit mobile version