Peringati HUT Koperasi, Edward : Koperasi Tidak Sekedar Bisnis Tetapi Juga Tata Kelola

gentamerah.com | Waykanan- Tantangan baru yang dihadapi dunia perkoperasian, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola.
Hal itu dikatakan Wakil Bupati Waykanan, Edward Antony, yang membacakan Sambutan tertulis Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik indonesia, Aagn Puspayoga, pada Upacara peringatan hari koperasi nasional  ke-72 tahun 2019, tingkat kabupaten Waykanan, di halaman Pemkab setempat, Senin (22 /07/2019)

Dikatakan edward, pada era digitalisasi dan Artificial Intelegence (AI) mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat.  Koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal , didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian. Hal ini sejalan dengan arahan pidato Bapak Presiden RI pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 pada Tahun 2018 tahun lalu.
“Dalam konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini. Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis,” katanya.
Menurutnya, insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya. Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya.


error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version