Lakukan Inovasi Pendidikan, Disdikbud Waykanan Tandatangani MoU Dengan DPD Forum PKBM

 

Gentamerah.com || Waykanan  – Guna melakukan inovasi pendidikan, dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Pemanfaatan Inovasi SIAP SETARA Antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Waykanan dengan Ketua DPD Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Se-Provinsi Lampung, di Ruang Rapat Utama Pemkab Waykanan, Selasa, (16/02/ 2021).

Sambutan tertulis Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M,mengatakan ,Penandatangan Nota Kesepahaman dan Pemanfaatan Inovasi Siapsetara (sistem aplikasi pembelajaran kesetaraan) antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan dengan Ketua DPD Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Se-Provinsi Lampung dalam keadaan sehat wal’afiat.

Dalam rangka menghadiri Penandatangan Nota Kesepahaman dan Pemanfaatan Inovasi Siapsetara (sistem aplikasi pembelajaran kesetaraan) antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan dengan Ketua DPD Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Se-Provinsi Lampung.

Agar tercapainya tujuan pendidikan nasional maka ditetapkan sistem pembelajaran koprehensif dan terstruktur agar seluruh komponen pendidikan dapat mengakses kesempatan penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas dan berkesinambungan.

Pendidikan non-formal merupakan jalur pendidikan diluar jalur pendidikan formal, dihadirkan untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak dapat menempuh pendidikan formal. Lembaga ini disebut sebagai Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau juga berupa sanggar Kegiatan Belajar (SKB). 

Orang nomor satu di Waykanan itu mengungkapkan, penyebab warga masyarakat mengikuti pendidikan kesetaraan adalah masyarakat yang putus sekolah dikarenakan adanya masalah ekonomi, keterjangkauan geografis dan masyarakat yang sudah bekerja sebagai pencari nafkah keluarga, sehingga menjadi salah satu kendala bagi warga untuk mengikuti belajar secara formal. 

Untuk memudahkan Proses pembelajaran paket dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh, maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan telah menciptakan inovasi media dan teknologi pembelajaran, yaitu melalui Sistem Aplikasi

 Pembelajaran Kesetaraan (Siap Setara), kata Adipati, yang merupakan sebuah inovasi layanan pembelajaran pendidikan kesetaraan yang dapat dijadikan pilihan model pembelajaran melalui ruang kelas digital yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh seluruh warga belajar.

Adipati mengungkapkan, sejak tahun 2020 Aplikasi ini telah dilaksanakan oleh seluruh PKBM se-Kabupaten WayKanan. “Mudah-mudahan dari aplikasi Siap Setara ini pemberian pembelajaran kesetaraan akan lebih efektif, efisien dan akuntabel,” katanya.

Harapkannya dari inovasi Aplikasi Siap Setara tersebut   dapat  meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pendidikan kesetaraan, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan indikator kinerja rata-rata lama sekolah sesuai dengan target RPJMD Kabupaten Way Kanan tahun 2016-2021 mencapai 7,73 tahun.

Penulis : Kuntar

Editor : SENO

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18