Percepat Kemajuan Lapter Gatsu, Bupati Waykanan Inisiatori  Pembentukan Forum Gerbang Rajawalimuda

Percepat Kemajuan Lapter Gatsu, Bupati Waykanan Inisitori Pembentukan Forum Gerbang Rajawalimuda
Penandatangan MoU, Bupati Waykanan (Batik Tengah)

Jakarta – Maksimalkan oprasional Lapangan Terbang Lanudad Gatot Subroto (Gatsu) yang ada di Kecamatan Waytuba, Waykanan, Bupati Waykanan menjadi inisiator pembentukan forum kerjasama antar daerah.

Forum tersebut diberinama Gerbang Rajawalimuda (Gerakan Membangun Martapura, Baturaja, Waykanan, Liwa Mauaradua).

Pembentukan forum itu ditandai dengan penandatanganan Master of Understanding (MoU), di Kementerian Dalam Negri Lima kepala daerah.

Penandatangan Kelima Kepala daerah tersebut dilakukan disaksikan Gubernur Lampung diwakili Kadis Perhubungan Lampung dan Pj Gubernur Sumsel, Jumat (05/01/2024).

Kerjasama yang di insiatori Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya itu dibidang, Konektivitas wilayah (pemanfaa bandara gatot Subroto), kerjasama bidang ekonomi (penanganan inflasi, wisata dan ekraf), kerjasama bidang kesehatan (pengampu bidang spesialis penyakit dan program unggulan rumah sakit).

Kemudian kerjasama bidang pendidikan (prodi VOKASI) dan bidang bencana daerah  (penanggulangan dan logistik).

Selain perjanjian kerjasaman itu ditandatangani lima kepala daerah juga ditandatangani Kadis Perhubungan Sumsel, Kadis Perhubungan Lampung dan  Kadis Perhubungan di lima kabupaten, terkait bidang bidang konektivitas wilayah pemanfaatan Bandara Gatsu.

Adipati berharap, dengan MoU tersebut akan lebih mempercepat pertumbuhan dan keterbukaan di lima wilayah. Terutama sudah ada kesanggupan dua provinsi dan Lima kabupaten untuk melaksanakan reaktivasi Bandara Gatsu melalui penyediaan dana subsidi tiket pesawat.

Editor: Seno
Exit mobile version