Ajarkan Pelajar Tangkal Hoax, RTIK Mesuji Gelar Seminar Literasi Digital

Laporan : Andi Sunarya

Gentamerah.com || Mesuji – Ajarkan para pelajar untuk lebih bijak bermedsos dan menangkal  hoax, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Mesuji bersama Jawara Internet Sehat beri pemahaman kepada para pelajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 01 Tanjung Raya, Selasa (25/10/2022).

Ketua RTIK Kabupaten Mesuji, Nara Sukarna mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama RTIK Mesuji dan Jawara Internet Sehat.

“Selama pandemi Covid-19 sampai hari ini, kami melihat percepatan penyebaran mis-informasi yang memicu kearah informasi hoax. Dan tantangan privasi digital sangatlah tinggi, hal ini sangat mempengaruhi ketahanan digital, yang dapat mengakibatkan kerusuhan sosial, konflik politik, serta kerugian ekonomi,” kata Nara.

Dijelaskannya, kasus Bjorka yang telah meretas beberapa akun dan situs milik pemerintah, dan masih banyak lagi kasus kebocoran data, hoax, peretasan akun media sosial.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, dapat memberikan pengetahuan apabila menjumpai informasi hoax, lalu bagaimana cara untuk mencegah agar tidak menjadi korban bahkan pelaku penyebaran berita hoax. Dan bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing masing media. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan diikuti dengan baik,” paparnya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Mesuji, Apriadi yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi semangat antusiasme para pelajar dalam mengikuti kegiatan seminar literasi digital pelajar tangkal hoax di dunia pendidikan di ruang lingkup Kabupaten Mesuji.

“Saya berharap kegiatan literasi digital pelajar tangkal hoax ini dapat mengedukasi tentang pentingnya memfilter dan menyebarkan informasi bermedsos dalam era digital ini,” paparnya

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SMK. Negeri 01 Tanjung Raya Suryadi menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh RTIK Mesuji yang ingin berbagi ilmu dan wawasan berkaitan dengan bagaimana cara mengelola informasi pada era digital seperti saat ini.

“Saya berterimakasih dan menyambut baik kegiatan ini, karena menurut saya ini sangat penting diketahui oleh para pelajar. Supaya kedepan bisa lebih bijak dan hati-hati baik dalam bermedsos maupun dalam mencerna suatu informasi. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan agar selalu ada pembinaan untuk para pelajar,” jelasnya

Hadir pada kegiatan tersebut sebagai salah satu pemateri Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Najmul Fikri yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlanta Samsi Hermansyah, Ketua PWI Kabupaten Mesuji Apriadi, Kepala SMKN 1 Tanjung Raya, Suryadi, Jawara Internet Sehat sekaligus Wakil Ketua RTIK Mesuji Catur Agus Ariyanto.

Editor : Kan’s

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version