Pekerja Bangunan Di Metro Temukan Granat

Pekerja Bangunan Di Metro Temukan Granat

gentamerah.comMetro – Sahid (35) pekerja bangunan, menemukan benda yang diduga granat aktif saat membersihkan rumah milik Muhammad Yunus, Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Pusat, Senin (8/1). Atas penemuan tersebut, Kodim 0411/LT memberikan apresiasi positif.

Warga  Desa Sidodadi bedeng 55 A Sekampung Lampung Timur, tersebut menemukan granat saat gudang di rumah milik Yunus, sekira pukul 08.00 WIB.  Sahid yang ketika itu seorang diri  menemukan kotak kayu dipojok ruangan. Karena penasaran, kemudian mendongkel kotak tersebut, dan kaget karena benda didalamnya menyerupai granat.

“Saya enggak berani megangnya jadi buka saja dan tidak berani mengambil, dan saya ngasih tahu tukang yang lain. Sembari menunggu pemilik rumah pulang dari bekerja. Pas sore tadi ibu pulang kerja saya baru laporan,” katanya.

Kodim 0411/LT mengapresiasi tanggapnya masyarakat yang melaporkan penemuan granat nanas di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur kepada pihak berwajib.

Komandan Kodim 0411/LT, Letnan Kolonel INF Jajang Kurniawan mengatakan, laporan masyarakat terkait penemuan bahan peledak kepada Koramil sangat tepat. Agar tidak disalahgunakan dan dapat membahayakan.

“Sekali lagi kita apresiasi. Ini masih kita telusuri kemungkinan ada tidak yang lain di sekitar lokasi. Nanti akan ada tim sendiri yang akan berjalan. Kalau di TNI untuk amunisi kita ada detasemen peralatan atau denpal,” ujarnya.

Jajang menyebut, Denpal yang akan mencari tahu spesifikasi penemuan. Apakah masih aktif, buatan tahun berapa, asal dari mana, berapa daya ledak, dan lainnya. Termasuk penetuan apakah granat tersebut akam dimusnahkan atau tidak.

“Kalau tidak ada gunanya karena barang lama, nisal karatan ya harus dimusnahkan. Ketimbang malah membahayakan. Nanti secepatnya akan diteliti tahun berapa apakah masih aktif atau melemah, pasti akan diketahui,” ungkapnya.

Dandim  menghimbau masyarakat untuk aktif melaporkan dan atau menyerahkan, jika menemukan bahan peledak atau senjata api dan sejenis kepada aparat berwenang di wilayah masing-masing.

Penulis : Decky A
 Editor : Seno
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18