Jubir Covid Waykanan Benarkan Bertambah Dua Warga Positif Corona

gentamerah.com // Waykanan – Waykanan bertambah dua lagi warga terkonfirmasi positif corona, setelah sebelumnya tiga warga dan satu sudah dinyatakan sembuh. Informasi tersebut dirilis pemerintah Provinsi Lampung pada tanggal 21 Mei  2020.
Juru bicara penanganan covid19 Waykanan, Anang Risgiyanto mengungkapkan,  kedua warga tersebut, MZ (20) Warga Rebangtangkas, Waykanan dan Ft (54) Warga Baradatu, Waykanan, Lampung.
Menurutnya, MZ pada Selasa,  18-04-2020,  bersama rekan-rekannya sampai di Baradatu dan diterima oleh gugus tugas Kecamatan Baradatu, sesuai dengan protokol kesehatan, kemudian langsung diisolasi di ruangan khusus di Pondok Pesantren Al-Fatah Gunung Katun Kecamatan Baradatu , selama kurang lebih enam hari.
MZ  merupakan salah satu santri Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro Magetan Jawa Timur.
Jumat Tanggal 24-04-2020, MZ kembali ke rumah orang tuanya di Kampung Gunungsari Kecamatan Rebangtangkas. Selama di rumah,  MZ patuh menjalankan isolasi mandiri di rumah.

 28-04-2020, berdasarkan informasi, bahwa di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur banyak santri yang terkonfirmasi Covid-19, maka sebagai bentuk kewaspadaan semua santri yang berasal dari Temboro dilakukan pemeriksaan dengan RDT sebanyak 2 kali pemeriksaan. Dan pada hari Rabu,  MZ dilakukan pemeriksaan Rapid Test pertama oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan dengan hasil non reaktif.
Setelah dilakukan Rapid Test, MZ disampaikan dengan keluarganya untuk  dilakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari ke depan. Pada Tanggal 05-05-2020, hari selasa An. MZ kembali dilakukan pemeriksaan Rapid Test kedua oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan dengan hasil reaktif.

Selanjutnya, kata Anang,  tanggal 06-05-2020, hari Rab, MZ ditindaklanjuti dengan pengambilan  Swab/sputum pertama dan sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel.

Kamis, 07-05-2020, dilakukan pengambilan Swab/Sputum kedua dan sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel. Selanjutnya sambil menunggu hasil pemeriksaan sampel kembali disampaikan dengan keluarga An. MZ untuk  dilakukan isolasi mandiri di rumahnya, dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

“Ternyata pada  21 Mei 2020,  kita dapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksaan sampel Swab/Sputum atas nama  MZ dengan hasil konfirmasi positif covid 19. Tatalaksana selanjutnya adalah karantina mandiri dengan menerapkan PHBS dan physical distancing; Pada kelompok ini juga akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan RT PCR sebanyak 2 kali selama 2 hari berturut-turut, di Laboratorium pemeriksa,” katanya.

Sama halnya dengan  Ft, yang  selama satu bulan lebih berada di Bandar Lampung menemani dan mengurus anaknya Operasi Caesar di RS Bintang Amin. Pada Tanggal 19-03-2020, Ny. Ft, kembali ke Baradatu  dengan keadaan sehat (tidak ada keluhan).

 18-04-2020,  anaknya datang dari Bogor dan tinggal bersama Ft.
“Ft merupakan asisten rumah tangga (ART) dari Tn. AS. Kegiatan sehari-harinya, hanya berada dirumahnya dan rumah Tn AS, tanggal 4-6 Mei 2020 berada di RSUD ZAPA menemani istri dari Tn AS operasi SC,” ujar Anang.

Tanggal 07-05-2020, Ft dilakukan rapid test terkait kontak erat dengan kasus konfirmasi positif covid 19  AS, dari Hasil pemeriksaan rapid test menunjukkan reaktif, sehingga tatalaksana selanjutnya dilakukan pengambilan sampel swab/sputum pertama oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan kemudian Ny. Ft dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

Jumat,  08-05-2020, dilakukan pengambilan sampel swab/sputum kedua oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel.
Sambil menunggu hasil pemeriksaan sampel kembali disampaikan dengan Ny. Ft untuk  isolasi mandiri di rumahnya, dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

Pada  21 Mei 2020,  hari Rabu mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksaan sampel Swab/Sputum, Ft dengan hasil konfirmasi positif covid 19.
—-–
Penulis : Seno

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18