Adipati Harapkan Linmas Bekerja Profisional Dalam Pelaksanaan Pemilu

gentamerah.com | Waykanan- Dalam upaya peningkatan kemampuan dan kapasitas anggota Linmas agar profesional dan terampil, Pemerintah daerah Waykanan, Lampung menggelar Pembinaan dan Pembekalan bagi 2.227 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam rangka menghadapi Pemilu tahun 2019. Di GSG Waykanan, Kamis (14/03/ 2019).

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya mengatakan, pembekalan tersebut sesuai dengan amanah Permendagri Nomor: 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Linmas dan Permendagri Nomor: 42 Tahun 2017.

“Sebagaimana kita ketahui pada tanggal 17 April 2019 mendatang bangsa kita akan menyelenggarakan Pemilu secara serentak, yang merupakan sarana demokrasi untuk mewujudkan kadaulatan rakyat, melibatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya dan dilaksanakan dalam suasana kondusif,  diwarnai dengan situasi dan kondisi yang tertib, aman dan tentram,” kata Adipati.

Menurutnya, suksesnya pelaksanaan pemilihan umum tidak hanya menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) selaku penyelenggara, tetapi merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat termasuk anggota Linmas.
Satuan Perlindungan, kata Adipati, adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum. 
Adipati menjelaskan, peran Linmas sangat penting dan besar dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. “Maka sangat bijaksana, jika pemerintah memberikan perhatian kepada aparat Linmas sebagai bentuk apresiasi terhadap peran mereka selama ini. Satlinmas dituntut kesiapannya yang mantap dan akurat baik teknis dari perangkat perlindungan masyarakat secara profesional,” kata dia.

Penulis : A Kuntar
 Penyunting : Yana
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18